Breaking News:

BATAM TERKINI

KINI Warga Batam Bisa Bayar Retribusi Lewat QRIS, Total 24 Bank Telah Terkoneksi ke Kas Daerah

Sebanyak 24 bank telah ditunjuk untuk bekerjasama dengan pemerintah dalam implementasi pembayaran pajak dan retribusi melalui QRIS.

TRIBUNBATAM.id/HENING SEKAR UTAMI
Peluncuran dan implementasi QRIS dalam sistem pembayaran jasa transportasi Trans Batam, di wilayah Engku Putri, Batam Center, Jumat (25/9/2020). 

Editor : Tri Indaryani

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Sistem pembayaran melalui QR Code Indonesian Standard (QRIS) mulai diterapkan di pasar-pasar.

Selain metode transaksi non-tunai antara penjual dan pembeli, dalam hal ini, menurut Kabid Pasar Disperindag, Zulkarnain, QRIS juga mulai diterapkan untuk pembayaran retribusi.

Sebanyak 24 bank telah ditunjuk untuk bekerjasama dengan pemerintah dalam implementasi pembayaran pajak dan retribusi melalui QRIS.

"24 bank ini sudah terintegrasi ke kas daerah," ujar Zulkarnain.

Pembayaran retribusi non-tunai secara online ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), serta pemasukan yang tepat waktu.

Baca juga: KABAR GEMBIRA! Kini Bayar Tiket Trans Batam Bisa Lewat QRIS

Menurutnya, selama ini pajak dan retribusi di pasar banyak yang dibayarkan tidak tepat waktu, bahkan dengan sistem mencicil.

Apabila pembayaran non-tunai dengan QRIS diterapkan, maka arus pembayaran pajak dan retribusi dapat langsung masuk ke kas daerah dengan nominal yang akurat dan tepat waktu.

"Masyarakat juga kan sudah cukup familiar dengan sistem ini, beberapa sudah punya rekening, yang jadi kendala mungkin hanya cara mengoperasikan perangkat androidnya," tambah Zulkarnain. 

Amankah Pakai QRIS?

Halaman
12
Penulis: Hening Sekar Utami
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved