Breaking News:

Sepak Terjang Achmad Yurianto, Akrab dengan Dunia Militer, Eks Jubir dan Jadi Staf Ahli Menkes

Achmad Yurianto yang dikenal pubik sejak menjadi Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 baru saja dilantik menjadi Staf Ahli Menkes

(ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Achmad Yurianto yang baru saja dilantik sebagai Staf Ahli Menkes Terawan 

TRIBUNBATAM.ID - Nama Achmad Yurianto yang dikenal pubik, terutama sejak menjadi Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 baru saja dilantik menjadi Staf Ahli Menkes.

Ia menempati posisi baru sebagai Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi dan Globalisasi, di mana sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Pencegahan Pengendalian Penyakit.

Baca juga: Achmad Yurianto, Eks Jubir Penanganan Covid-19 Diberhentikan dari Jabatan Dirjen P2P Kemenkes

Baca juga: Soal Klaim Obat Virus Corona Hadi Pranoto di Youtube Anji, Eks Jubir Achmad Yurianto: Ini Pembodohan

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto secara resmi melantik Achmad Yurianto, Jumat (23/10/2020).

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto yang juga juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona memberikan keterangan pers di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Achmad Yurianto menyampaikan bahwa kondisi dua orang pasien positif virus Corona yang dirawat di RSPI Sulianti Saroso, keadaannya semakin membaik sedangkan sebanyak 68 kru kapal pesiar Diamond Princess dinyatakan tidak terjangkit virus usai diperiksa spesimennya. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pras
Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto yang juga juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona memberikan keterangan pers di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Achmad Yurianto menyampaikan bahwa kondisi dua orang pasien positif virus Corona yang dirawat di RSPI Sulianti Saroso, keadaannya semakin membaik sedangkan sebanyak 68 kru kapal pesiar Diamond Princess dinyatakan tidak terjangkit virus usai diperiksa spesimennya. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pras (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pras.(ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A))

Melalui siaran pers Kemenkes yang diterima Kompas.com, Jumat (23/10/2020), dasar pelantikan Yuri adalah Surat Keputusan Presiden Nomor 155/TPA Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dan dalam Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Kesehatan.

Dalam sambutannya, Menkes menekankan bahwa rotasi jabatan merupakan hal yang biasa dalam lingkup organisasi.

Baca juga: Apakah Efektif Menggunakan Face Shield Tanpa Masker ? Ini Penjelasan Achmad Yurianto

Nama Achmad Yurianto sendiri telah dikenal oleh masyarakat luas, terutama sejak ia menjadi Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19.

Lantas, bagaimana sepak terjangnya selama ini?

Mengawali karier di militer

Achmad Yurianto lahir di Malang, 11 Maret 1962. Melansir dari website resmi Universitas Airlangga (Unair), Achmad Yurianto merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Unair angkatan 1990.

Melansir Kompaspedia, ia mulai dekat dengan dunia semi militer sejak mahasiswa.

Yuri menjadi Komandan Resimen Mahasiswa (Menwa) pada 1986-1988 dan bergabung di akademi militer setelah lulus.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Achmad Yurianto di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Senin (10/2/2020).
Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Achmad Yurianto di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Senin (10/2/2020). (Tribunnews.com/Apfia Tioconny Billy)

Ia memulai kariernya di dunia militer sebagai Perwira Utama Kesehatan Daerah Militer V Brawijaya.

Yuri pun cukup lama menjadi dokter anggota militer.

Ia sempat menjabat sebagai Kepala Kesehatan Kodam Pattimura dan memimpin Batalyon Kesehatan Kostrad.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved