Breaking News:

BATAM TERKINI

Sempat Ditangkap BC Batam, Kapal KLM Masyu Saputra Boleh Jalan Lagi, Tapi Balpress Disita

BC Batam bilang, untuk semen bisa berjalan. Lantaran semen diangkut secara resmi dengan dokumen resmi dan kapal pun resmi

TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Kapal yang sempat diamankan oleh Bea Cukai Batam karena memuat balpress 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Bea dan Cukai Batam dikabarkan menangkap satu unit kapal kayu bermuatan balpress sebanyak 800 karung/kampit saat melintas di perairan Kabil, Batam pada Kamis (15/10/2020) lalu.

Selain balpress, kapal kayu bernama KLM Masyu Saputra itu juga membawa semen sebanyak 10 ribu sak. Semen itu hendak dibawa ke Sungai Duku, Bambu Kuning, Provinsi Riau.

Dari informasi yang dihimpun Tribunbatam.id, kapal ini awalnya bersandar di Pelabuhan Punggur.

"Sebelumnya, kapal kayu ini bersandar di Pelabuhan Punggur untuk memuat balpress," ucap seorang sumber Tribun berinisial ML, Selasa (3/11/2020).

Adapun modusnya, di palka kapal diisi penuh dengan pakaian bekas dari Singapura sebanyak 800 kampit, sementara di atas palka kapal dimuat puluhan ribu sak semen.

Baca juga: Takut Disita Aparat, Pemilik Balpress Manfaatkan Jasa Porter Nakal Angkut Barang Masuk Kapal

Baca juga: Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan 18 Ton Pasir Timah ke Malaysia, Nilai Barang Tembus Rp 2,7 Miliar

Lebih jauh, sumber mengatakan, pemilik kapal tersebut adalah seorang pria yang berdomisili di Provinsi Riau.

"Jadi dia ini pemilik kapal sekaligus Jasa Expedisi. Selain itu dia juga memiliki pelabuhan sendiri di Sungai Duku," bebernya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan (P2) Bea dan Cukai Batam, Iwan Kurniawan membenarkan atas penangkapan kapal tersebut saat dikonfirmasi awak media, Selasa (3/11/2020).

"Kapal KLM Masyu Saputra betul bawa semen ditumpangi beberapa ratus balpress. Sudah kita dalami," kata Iwan kepada awak media.

Iwan melanjutkan, untuk semen bisa berjalan. Lantaran semen diangkut secara resmi dengan dokumen resmi dan kapal pun resmi. Namun untuk balpress atau pakaian bekas dari kapal itu disita.

"Kapal Masyu Saputra boleh melanjutkan perjalanan dengan muatan semennya. Namun balpress diturunkan dan disita," kata Iwan.

(TribunBatam.id/leo halawa)

Penulis: Filemon Halawa
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved