Breaking News:

Inilah Alasan Mengapa Rasa Pedas Bikin Ketagihan

Kuliner pedas memang tak pernah sepi peminat. Walau tren makanan berganti-ganti, makanan dengan cita rasa pedas "membakar lidah" akan selalu di...

Editor: Lia Sisvita Dinatri
freepik.com
Ilustrasi mi instan pedas 

TRIBUNBATAM.id - Kuliner pedas memang tak pernah sepi peminat. Walau tren makanan berganti-ganti, makanan dengan cita rasa pedas "membakar lidah" akan selalu digandrungi.

Diperkirakan, sepertiga orang di dunia mengonsumsi cabai setiap harinya. 

Indonesia barangkali menyumbang proporsi cukup besar dalam statistic itu, sebab, mayoritas makanan tradisional kita menggunakan cabai ataupun lada.

Psikolog dari University of Pennsylvania Paul Rozin mengatakan, penggemar pedas menyukai "rasa terbakar" akibat makan makanan pedas

Sumber pedas dalam cabai adalah zat capcaisin. Zat ini akan mengikat sejumlah reseptor yang memberi sinyal rasa sakit akibat kepanasan. 

Rasa pedas yang ditimbulkan juga akan memerintahkan otak untuk melepas hormone endorphin yang dapat menimbulkan rasa nyaman dan gembira. Perasaan nyaman inilah yang membuat penggemar makanan pedas ketagihan.?? 

Teori lain menyebutkan, manusia menyukai rasa pedas karena ada dorongan untuk menaklukkan tantangan.

Tak heran jika beberapa tahun terakhir sempat ramai di media sosial tantangan untuk mengonsumi mi instan pedas dari Korea

Sensasi pedas jalapeno

Demam mi instan ternyata belum berakhir. Hingga saat ini hampir semua produsen mi instan memiliki varian mi pedas. Yang terbaru adalah mi instan Gaga 100 Extra Pedas. 

Product Manager PT Jakarana Tama, Vicktorio Haryono, menjelaskan, mi instan Gaga sebelumnya telah memiliki tiga varian ekstra pedas yang menawarkan pedasnya cabai jalapeno dari Meksiko. 

"Untuk varian terbaru ini kami meluncurkan varian mi instan goreng dengan tingkat kepedasan level 3. Sensasi pedasnya dari cabai Chipotle yang berasal dari Meksiko yang merupakan cabai terpedas di dunia," katanya.

Sebelumnya, Gaga 100 telah mengeluarkan varian mi dengan tingkat kepedasan level 5 dengan jalapeno Meksiko, level 3 dengan sensasi pedas lada hitam dan level dua dengan kuah soto cabai hijau. (*)

*Simak berita terbaru lainnya di Google News

Baca juga: Pasar Jodoh Batam Padat Jelang Natal, Banyak Warga Beli Kebutuhan Pokok hingga Pakaian

Baca juga: Ramalan Shio Hari Minggu 20 Desember 2020, Shio Kelinci Berhasil, Shio Kuda Hari Enerjik

Baca juga: Kumpulan Kata-kata Mutiara Tema Hari Ibu, Bagikan ke Media Sosial pada 22 Desember 2020

Baca juga: Catat Baik-baik! Ini 4 Kunci Melenyapkan Lemak Perut

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved