Breaking News:

Ini dia 8 Makanan yang Bikin Cepat Ngantuk

Ketika sulit tidur, tak sedikit orang langsung mengira penyebabnya adalah karena stres, paparan sinar biru dari gadget, gangguan dari teman sekamar,..

freepik.com/yanalya
Ilustrasi ngantuk 

TRIBUNBATAM.id - Ketika sulit tidur, tak sedikit orang langsung mengira penyebabnya adalah karena stres, paparan sinar biru dari gadget, gangguan dari teman sekamar, atau penyebab lainnya. 

Padahal, bisa jadi penyebabnya adalah makanan yang dikonsumsi sebelum tidur

Jika Anda merasa sulit untuk tidur, beberapa makanan berikut bisa membantu untuk cepat me ngantuk dan lebih mudah tidur.  

1. Sup ayam

Ini adalah jenis makanan yang dapat membuat tubuh merasa nyaman dan tenang. Sangkat cocok untuk makanan di malam hari.

Ahli akupunktur dan spesialis pengobatan Cina Tsao-Lin Moy menjelaskan kepada Eat This, Not That! bahwa makanan yang menenangkan, seperti sup ayam, dapat membantu sistem saraf untuk rileks dan memberi sinyal aman pada tubuh.

Sup juga mudah dicerna oleh tubuh, jadi kita tidak akan terjaga karena makanan sulit dicerna.

Jika Anda membelinya, pilihlah opsi sup yang rendah sodium, sebab terlalu banyak kandungan garam akan membuat kita lebih terjaga. 

2. Sayur-sayuran

Ahli gizi selebriti, Dr. Daryl Gioffre menyarankan untuk makan sayur-sayuran berdaun gelap ketika makan malam.

Sebab, sayuran tersebut memberikan banyak serat, prebiotik dan probiotik, yang akan membantu menjaga usus besar tetap bersih.

Beberapa sayuran yang dianjurkan adalah bayam dan selada. Keduanya dinilai memiliki kalsium tinggi yang akan membantu tubuh memproduksi melatonin atau hormon yang menyebabkan kantuk.

Gioffre menyarankan untuk memakannya mentah, sebab panas dapat mengurangi vitamin C yang terkandung di dalamnya.

Namun, karena sayur-sayuran berdaun gelap sangat tinggi serat, dia menyarankan untuk memberi jeda sekitar tiga jam antara waktu makan dan waktu tidur.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved