Breaking News:

BATAM TERKINI

Tahun Ini Kurang, Dinsos Batam Anggarkan Biaya Pemakaman untuk 30 Mayat Mr X untuk 2021

Jumlah penemuan mayat Mr X di Batam sepanjang 2020 naik hingga melampaui pagu anggaran di Dinas Sosial. Tahun depan anggaran akan ditambah.

TRIBUNBATAM.ID/ISTIMEWA
Penemuan mayat mr X di Pulau Setokok, Batam 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Jumlah penemuan mayat Mr X di Batam sepanjang 2020 mengalami peningkatan hingga melampaui pagu anggaran di Dinas Sosial (Dinsos).

Akibatnya Dinas Sosial harus menggandeng lembaga sosial dan sejumlah paguyuban yang bergerak dalam bidang sosial untuk mengatasinya.

Hal itu diakui Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batam, Hasyimah saat dihubungi, Selasa (29/12/2020) pagi. 

Menyikapi hal itu, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batam pun akhirnya menganggarkan dana bantuan untuk mayat-mayat tidak dikenal itu sebanyak 30 orang di tahun 2021. 

Angka tersebut meningkat dibanding tahun 2020 yang hanya dialokasikan bagi 15 orang. 

Hasymah mengatakan, dana bantuan pemulasaran dan pemakaman yang dialokasikan di tahun 2021 akan bertambah.

Hal ini sebagai antisipasi dinsos dalam menanggulangi pemulasaran dan pemakaman mayat-mayat yang tak dikenal.

"Tahun 2020 ini kita usulkan untuk 15 orang. Namun nyatanya, belum tahun berakhir, anggarannya sudah habis. Makanya di tahun depan kita naikan jumlahnya menjadi 30 orang" kata Hasimah.

Selain untuk biaya pemulasaran dan pemakaman, anggaran ini juga diperuntukan untuk pemulangan orang-orang terlantar.

Baca juga: 49.171 Orang Tinggalkan Batam Lewat Pelabuhan Jelang Tahun Baru 2021

"Nomenklatur juga kita ubah, kalau tahun ini untuk pemulasaran dan pemakaman mayat tak dikenal. Maka untuk tahun depan orang terlantar dan mayat tak dikenal. Jadi mayat yang punya identitas pun namun tak ada pihak keluarga atau tidak mampu akan kita tampung," tambah Hasimah.

Dalam menentukan mayat tersebut adalah Mr. X katanya, pihak Dinsos akan memastikan terlebih dahulu keberadaan keluarga mayat.

Jika identitas dan pihak keluarganya ada maka Dinsos akan meminta persetujuan keluarga untuk dimakamkan.

"Jika ada keluarga, namun tidak mampu, kita akan tampung memakamkam dengan cara Mr X. Namun tentu dengan meminta persetujuan keluarga, bersedia dimakamkan secara Mr X dan tidak ada tuntutan di kemudian hari," tambah Hasimah. 

Saat ini lanjutnya, untuk satu orang mayat Mr. X dianggarkan Rp 3.961.000 untuk biaya pemulasaran dan Rp 600.000 untuk biaya pemakaman.

"Untuk besaran anggaran tak berbeda. Hanya jumlah yang kita tanggung saja naik jadi 30 orang," katanya. (Tribunbatam.id/Beres Lumbantobing)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved