Breaking News:

Varian Baru Virus Corona 54 Persen Lebih Menular, Inggris Perketat Lockdown

Kemunculan varian baru virus corona disebut sebagai alasan melonjaknya kasus di London, yang telah mendorong lockdown ketat Tier 4 di daerah tersebut.

Editor: Lia Sisvita Dinatri
Tribunstyle.com
Ilustrasi virus corona di dunia 

TRIBUNBATAM.id, LONDON - Varian baru virus corona membawa ancaman yang semakin tinggi di London dan lebih dari 50 persen lebih menular. 

Orang dengan varian baru virus corona 54 persen lebih mungkin menularkan ke orang lain, menurut Badan Kesehatan Masyarakat Inggris (PHE), sebagaimana dilansir dari The Sun pada Selasa (29/12/2020). 

Meskipun lebih menular, varian baru virus corona tersebut tampaknya tidak menyebabkan gejala yang lebih buruk atau lebih banyak kematian. 

Sebuah laporan PHE membandingkan 1.769 orang dengan mutasi Covid-19 dan jumlah orang yang sama dengan jenis kelamin, usia, tempat tinggal serta tanggal infeksi yang sama, tetapi dengan jenis virus yang berbeda. 

Selain itu, ditemukan juga bahwa varian baru virus corona tidak lebih menular di antara anak-anak dibandingkan varian virus corona lain. 

Kemunculan varian baru virus corona disebut sebagai alasan melonjaknya kasus di London, yang telah mendorong lockdown ketat Tier 4 di daerah tersebut. 

Inggris telah mencatat 53.135 kasus virus corona dalam 24 jam terakhir dalam peningkatan terbesar.

Ada 414 kematian baru, menjadikan totalnya menjadi 71.567, melewati puncak jumlah April.

Laporan itu muncul ketika terungkap jenis virus corona yang mirip dengan varian baru virus corona yang pertama muncul di Inggris, telah menyebar melalui Italia pada Agustus. 

"Varian Italia" beredar beberapa pekan sebelum kasus pertama varian baru virus corona Inggris yang diketahui dan bisa menjadi "pendahulu" mutasi di Inggris, menurut ahli virologi Arnaldo Caruso.

Baca juga: Perawat di California Positif Covid-19 Seminggu Setelah Disuntik Vaksin

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved