Breaking News:

Arus Balik di Pelabuhan Tanjungpinang Setelah Natal dan Tahun Baru Capai 5843 Penumpang

Kasi KSOP Tanjungpinang Samsul Nizar bilang, jumlah penumpang yang tiba di Tanjungpinang setelah Natal dan Tahun Baru capai 5843 orang, 1-3 Januari

Penulis: Novenri Halomoan Simanjuntak | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Kasi Lalu Lintas Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, Samsul Nizar memberikan keterangan soal arus balik Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang, Senin (4/1/2021) 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.idArus balik penumpang setelah Natal dan Tahun baru (Nataru) 2021 di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau mulai berangsur normal.

Melihat data dari Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, arus balik penumpang hingga H+2 kemarin mengalami peningkatan cukup signifikan.

KSOP Tanjungpinang melalui Kasi Lalu Lintas, Samsul Nizar mengatakan, jumlah penumpang yang tiba dari luar Tanjungpinang melalui Pelabuhan SBP pada 1-3 Januari 2021 tercatat 5843 orang.

"Pada 1 Januari, 1627 penumpang, tanggal 2, ada 1655, sedangkan 3 Januari melonjak sebanyak 2563 penumpang," ujarnya kepada Tribunbatam.id, Senin (4/1/2021).

Ribuan penumpang selama tiga hari itu, lanjutnya, diangkut dengan 67 kapal yang datang ke Tanjungpinang.

Baca juga: Kapal Nyaris Over Kapasitas, KSOP Pelabuhan Sekupang Peringatkan Agen

Baca juga: Jadwal Pelayaran Kapal di Pelabuhan Domestik Sekupang, KSOP Prediksi Puncak Arus Balik Hari Ini

"Kalau keberangkatan yang bertolak dari Pelabuhan SBP, ada 5774 penumpang dengan jumlah 67 kapal juga, ke berbagai daerah," ujarnya.

Samsul menjelaskan, jika dibandingkan data total angkutan penumpang di masa Natal dan Tahun Baru 2019 lalu, tentu mengalami penurunan yang cukup drastis.

Menurutnya itu karena munculnya wabah pandemi Covid-19 serta ancaman cuaca buruk akhir tahun.

"Jumlah penumpang arus balik Natal dan Tahun Baru yang tiba di Tanjungpinang tahun lalu itu ada 12.672 orang, total 324 angkutan kapal.

Sedangkan keberangkatan yang bertolak dari Pelabuhan SBP Tanjungpinang tahun lalu sebanyak 13.608 penumpang," ucapnya.

Ia juga menyampaikan, setiap calon penumpang yang akan melakukan perjalanan dipastikan telah melengkapi syarat dan menerapkan protokol kesehatan.

"Untuk perusahaan kapal juga kita imbau tetap menampung kapasitas penumpang maksimal 70 persen," tutupnya.

(Tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)

Baca berita menarik TRIBUNBATAM.id lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved