Breaking News:

INFO BMKG

Peringatan Dini BMKG: Waspada Gelombang Tinggi hingga 6 Meter di Perairan Kepri Minggu (9/1)

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini potensi gelombang tinggi hingga 6 meter di perairan Kepri, pada Minggu (9/

Freepik
Peringatan Dini BMKG: Waspada Gelombang Tinggi hingga 6 Meter di Perairan Kepri Minggu (9/1). Ilustrasi gelombang tinggi 

TRIBUNBATAM.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini potensi gelombang tinggi hingga 6 meter di perairan Kepri, pada Minggu (9/1/2021).

BMKG meminta masyarakat yang melakukan aktivitas pelayaran dihimbau berhati-hati adanya potensi gelombang tinggi mulai dari kategori tinggi hingga ekstrem.

Catatan BMKG, ada potensi gelombang kategori tinggi hingga ekstrem yang melanda sejumlah perairan Kepri.

Sebut saja Laut Natuna dan Perairan utara Kepulauan Anambas hingga Kepulauan Natuna yang diprediksi terjadi gelombang tinggi ektrem hingga mencapai 6 meter.

Kemudian Perairan selatan Kepulauan Anambas hingga Kepulauan Natuna, Laut Natuna dan Perairan utara Singkawang berpotensi gelombang tinggi kategori tinggi ( 2.50 - 4 meter)

Sementara Perairan timur Kepulauan Bintan hingga Kepulauan Lingga berpotensi gelombang tinggi kategori sedang (1.25 - 2.50 meter)

Cuaca ekstrem gelombang tinggi ini diprediksi BMKG terjadi hingga dua hari (8-9) januari 2021.

Hasil analisis BMKG, gelombang tinggi kategori tinggi hingga ekstrem yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia ini disebabkan oleh pola angin.

Kondisi-kondisi inilah yang mengakibatkan tinggi gelombang mencapai kategori ekstrem, yaitu lebih dari 6 meter di sekitar wilayah tersebut dan perairan lainnya dalam dua hari ini.

Dari pantauan BMKG terdapat adanya pola angin di wilayah Indonesia bagian utara, umumnya bergerak dari Barat Laut hingga ke Timur Laut dengan kecepatan berkisar 4-25 knot.

Halaman
1234
Editor: Danang Setiawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved