Breaking News:

KULINER BATAM

Rujak Khas Batam Cocok Disantap Saat Cuaca Terik

Rujak adalah salah satu makanan yang cocok disantap saat cuaca terik atau panas. Pasalnya rujak terdiri dari campuran buah-buahan segar

TRIBUN BATAM / MUHAMMAD ILHAM
Suasana wisata kuliner rujak khas Batam, di BMC, Jalan Yos Sudarso Bengkong Laut, Kecamatan Bengkong, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (29/01/2021) 

BATAM, TRIBUNBATAM.id, BATAM - Rujak adalah salah satu makanan yang cocok disantap saat cuaca terik atau panas. Pasalnya rujak terdiri dari campuran buah-buahan segar yang diracik dengan kuah kacang yang manis dan juga sedikit asin, sehingga memiliki rasa nano, gurih dan enak tentunya.

Rujak merupakan salah satu kuliner khas Batam, bahkan tempat penjual rujak itu disebut Simpang Rujak, karena mayoritas penjual hanya menjual rujak, di sana terdapat puluhan penjual rujak yang berjejer di pinggir jalan. dan termasuk objek wisata Batam.

Baca juga: Daftar Makanan Khas saat Perayaan Imlek, Dipercaya Bawa Keberuntungan Jika Dihidangkan

Simpang Rujak itu berada di pinggir jalan utama yang menghubungkan Sei Panas dan Baloi, tepatnya di fly over Pelita. Karena lokasi itu telah digusur pada tahun 2016 silam, kini para penjual rujak itu pindah di Jalan Yos Sudarso, Bengkong Laut, Kecamatan Bengkong, Batam, Kepulauan Riau.

Nurinis salah satu penjual rujak mengatakan, bahwa dulunya para penjual rujak yang ada di pinggir Jalan Yos Sudarso ini adalah penjual rujak di Simpang Rujak dekat fly over Pelita.

Ia juga mengaku bahwa ia telah menjual rujak sudah belasan tahun.

Baca juga: Fakta-fakta Sosok Tari Putri, Penjual Rujak Cantik yang Viral, Pembeli Sering Curi Pandang

"Kalau saya memang inilah kerjanya, jualan rujak saja, tahun 2001 saya sudah mulai jualan rujak di Simpang Rujak, Karena lokasi jualan kita digusur pada tahun 2016, jadi kami pindah ke sini," kata Nurinis kepada Tribunbatam.id, di lapak jualannya, BMC, Jalan Yos Sudarso, Bengkong Laut, Kecamatan Bengkong, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (29/01/2021)

Dila seorang pelanggan yang sedang makan rujak di salah satu tempat penjual rujak itu mengatakan,

"Rujak di sini enak-enak lo bang, aku sering ke sini apalagi pas panas seperti ini, hampir rujak yang dijual di sini itu sudah saya rasakan semua, dan rasanya enak dan segar," ujar Dila.

Di lokasi sama, Irwan seorang juru parkir mengatakan, bahwa di sini akan ramai jika panas, namun jika hujan akan sepi.

"Di sini kalau cuaca panas pasti ramai bang, tapi kalau pas hujan pasti sepi juga, paling yang jualan hanya ada satu atau dua aja yang buka," ujarnya.

Baca juga: Viral Pedagang Rujak di Madura Mirip Syahrini, Omset Rujak Jutaan Rupiah Gara-gara Disangka Incess

Pantauan Tribunbatam.id, di lokasi sekira pukul 13.58 WIB, terlihat ada sekira 20 gerobak rujak yang berjejer berbentuk memanjang.

Tampak di sana tersedia kursi dan meja sebagai tempat yang nyaman bagi pelanggan untuk menyantap rujak segar itu.

Hampir di setiap gerobak penjual rujak terlihat kesibukan pemiliknya untuk membuat rujak pesanan pelanggan. Untuk harga rujak yang dijual di sini dibanderol seharga Rp 12 ribu per porsinya.

Baca juga: Kisah Penjual Rujak Cingur Rp 60.000 yang Viral di Surabaya, Dapat Teror Hingga Suami Cuci Darah

Selain rujak, mereka juga menjual minuman dan kerupuk-kerupuk yang di gantung dibawah tenda. Terlihat juga para penjual dan pembeli menerapkan protokol kesehatan, mengenakan masker dan tempat duduk mereka sudah diatur berjarak.(ham)

(Tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

Penulis: Muhammad ilham
Editor: Filemon Halawa
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved