Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

GEGARA Jangkar Kapal Asing, Sinyal Internet Palapa Ring Barat di Anambas Putus

Dirut PT Palapa Ring Barat mengungkap kendala dalam memperbaiki akses internet akibat kabel fiber optik yang rusak itu.

KOMPAS.com/Gito Yudha Pratomo
GEGARA Jangkar Kapal Asing, Sinyal Internet Palapa Ring Barat di Anambas Putus. Foto Peta pembagian proyek Palapa Ring Barat, Tengah dan Timur. 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Penyebab putusnya akses internet di Anambas akhirnya mendapat jawaban dari Direktur Utama PT Palapa Ring Barat, Syarif Lumintarjo.

Dalam konferensi pers secara virtual, ia mengungkap penyebab putusnya kabel fiber optik yang jadi andalan warga Anambas menikmati internet.

Sulitnya warga untuk mendapat akses internet dari jaringan Palapa Ring Barat setidaknya sudah terjadi sejak awal Februari 2021.

Palapa Ring Barat merupakan salah satu proyek strategis pemerintah untuk mengurangi jenjang 'kemakmuran' sinyal di daerah terdepan seperti Anambas.

Ia menjelaskan putusnya kabel fiber optik dikarenakan kabel terkena jangkar dari kapal asing yang terkena cuaca buruk di kawasan tersebut.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara saat melakukan teleconference di fasilitas Palapa Ring Barat (PRB) di Air Padang Kecamatan Siantan beberapa waktu lalu. Hadirnya PRB digembar gemborkan dapat membantu dalam meningkatkan layanan telekomunikasi di Anambas. Foto diambil beberapa waktu lalu.
Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara saat melakukan teleconference di fasilitas Palapa Ring Barat (PRB) di Air Padang Kecamatan Siantan beberapa waktu lalu. Hadirnya PRB digembar gemborkan dapat membantu dalam meningkatkan layanan telekomunikasi di Anambas. Foto diambil beberapa waktu lalu. (TRIBUNBATAM.id)

"Putusnya kabel yang menguntungkan antara Tanjung Bemban, Batam dan Tarempa, Provinsi Kepri yang terjadi 22 Januari lalu akibat adanya jangkar dari kapal asing yang terkena cuaca buruk sekitar 19,4 kilometer dari Tanjung Bemban.

Kapal itu mengalami rusak mesin dan kemudian terpaksa ditarik oleh pihak berwajib ke Pelabuhan," ungkapnya, Minggu (14/2/2021).

Putusnya kabel fiber optik tersebut mulanya tak berdampak pada layanan telekomunikasi di Anambas.

Menurutnya, jalur koneksinya masih bisa dilayani oleh kabel fiber optik dari arah Singkawang.

Begitu juga dengan akses internet untuk sebagian wilayah Kabupaten Natuna.

Halaman
1234
Penulis: Rahma Tika
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved