Breaking News:

KESEHATAN

Kenapa Penderita Stroke Dianjurkan Minum Teh Hijau Setiap Hari?

Temuan studi terbaru yang dimuat ke Jurnal Stroke menyatakan, minuman ini bisa menjadi kunci untuk memulihkan diri dari stroke dan juga serangan ...

Istimewa
Ilustrasi Teh Hijau 

TRIBUNBATAM.id - Manfaat dari teh hijau sudah banyak ditemukan oleh para peneliti, seperti memperbaiki kadar kolesterol, meningkatkan fungsi otak, serta mencegah kanker. 

Nah, rupanya teh hijau juga mempunyai manfaat yang menguntungkan bagi penderita stroke

Temuan studi terbaru yang dimuat ke Jurnal Stroke menyatakan, minuman ini bisa menjadi kunci untuk memulihkan diri dari stroke dan juga serangan jantung

Studi tersebut menemukan, penderita stroke yang mengonsumsi tujuh cangkir teh hijau per hari memiliki risiko kematian 62 persen lebih rendah dibandingkan pasien yang tidak minum teh hijau

Menurut WebMD, para peneliti melihat hasil serupa untuk penyintas serangan jantung, dan risiko kematian berkurang sebesar 53 persen. 

Bagi yang tidak suka teh hijau, apalagi sampai meminum teh tersebut tujuh cangkir per hari, temuan studi juga mengungkapkan bahwa minuman hangat lain seperti kopi bisa menurunkan risiko kematian. 

Baca juga: Teh Hijau Ampuh Atasi Jerawat, Bagaimana Cara Tepat Penggunaannya?

Namun, efektivitas kopi dalam menurunkan risiko kematian dinilai lebih rendah ketimbang teh hijau, menurut hasil studi tersebut.

Peneliti menemukan, meminum satu cangkir kopi per hari bisa menurunkan risiko kematian penderita serangan jantung sebesar 22 persen, dibandingkan penderita yang tidak rutin minum kopi.

Peserta studi juga mengalami risiko kematian 14 persen lebih rendah karena penyakit apa pun jika mereka meminum secangkir kopi setiap hari. 

Pada intinya, mengonsumsi teh hijau setiap hari dapat memberikan umur panjang bagi penderita serangan jantung dan stroke.

Baca juga: Ini 3 Suplemen untuk Mengendalikan Nafsu Makan, Ada Ekstrak Teh Hijau

Halaman
12
Editor: Lia Sisvita Dinatri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved