Breaking News:

Lagi Naik Daun Tapi Terancam Diblokir Kominfo, Sebenarnya Apa Itu Aplikasi CLUBHOUSE?

Aplikasi Clubhouse yang viral karena kicauan Elon Musk dikabarkan tengah digandrungi pengguna media sosial, tapi sebenarnya apti aplikasi Clubhouse?

Unsplash/William Krause
Aplikasi Clubhouse yang lagi populer 

TRIBUNBATAM.id - Belakangan ini, banyak pengguna media sosial yang mengunggah aktivitas mereka sedang memakai aplikasi Clubhouse.  

Kabarnya, aplikasi yang populer akibat Elon Musk kini juga digandrungi oleh pekerja industri kreatif dan tech di Indonesia.  

Dilansir dari Kompas.com, Clubhouse merupakan aplikasi jejaring sosial berbasis audio yang dirilis di AS pada Maret 2020 lalu.

Clubhouse dikembangkan oleh perusahaan software bernama Alpha Exploration Co.

Hal tersebut dikarenakan Clubhouse belum terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di Indonesia.

Menurut Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi, ketentuan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 5 Tahun 2020 yang diundangkan pada November lalu.

"Sesuai PM Nomor 5 Tahun 2020, bagi (PSE) yang tidak mendaftar sesuai kebijakan yang berlaku, akan mendapat sanksi administrasi berupa pemutusan akses," ungkap Dedy kepada KompasTekno, Selasa (16/2/2021).

Regulasi tersebut sejatinya mengatur tentang Penyelenggaraan Sistem Elektronik Lingkup Privat.

Dalam peraturan itu, Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat didefinisikan sebagai penyelenggaraan Sistem Elektronik oleh orang, badan usaha, dan masyarakat.

Adapun kewajiban pendaftaran PSE diatur dalam Pasal 2.

Halaman
1234
Editor: Aminudin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved