Breaking News:

LINGGA TERKINI

Pendataan Vaksin Covid-19 Lingga Dimulai

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk sasaran tahap pertama, baik itu dosis satu maupun dosis dua untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kabupaten Lingga

ist
Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinkes PPKB Kabupaten Lingga, Melyanti, saat sosialisasi dan edukasi vaksin pada tahap pertama, Jumat (29/1/21) 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id  - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk sasaran tahap pertama, baik itu dosis satu maupun dosis dua untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kabupaten Lingga masih berjalan.

Untuk vaksin dosis satu sendiri sudah diterima sebanyak 951 dari 960 sasaran, dengan persentase sudah mencapai 99,06 persen, yang telah dimulai sejak awal Februari lalu.

Sedangkan untuk vaksin dosis dua yang mulai pada pertengahan Februari, sudah diterima sebanyak 719 sasaran, dengan persentase sebesar 75,60%.

Kepala Seksi (Kasi) Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Lingga, Melyanti mengatakan, bahwa untuk tahap pertama akan selesai pada akhir Februari nanti.

"Yang buat lama proses cuma yang ditunda-tunda itu. Vaksin tahap satu pun juga sudah tinggal beberapa lagi. Untuk vaksin tahap dua Maret sudah mulai sampai bulan empat (April-red)," kata Melyanti kepada TRIBUNBATAM.id, Minggu (21/2/21)

Melyanti lalu menjelaskan, bahwa untuk istilah batal vaksin mencakup dua, yakni batal tertunda dan batal drop out.

Baca juga: Pantai Batu Berdaun Lingga Tak Pernah Sepi, Pemerintah Mulai Bangun Kios

Untuk drop out sendiri akan divaksinasi setelah menunggu perubahan status di aplikasi Pcare.

"Awal vaksin mulai juknis (petunjuk teknis-red) lama tidak luas untuk kireteria vaksin. Setelah jalan dipertengahan baru edaran terbaru dan skrg sudah dimuat dalam surat putusan dirjen p2p kiretria yang bisa vaksin sudah meluas. Jadi yang awalnya kitela punya batal data drop out sekitar puluhan orang, sekarang lagi nunggu perubahan status dalam aplikasi pcare nya, karena sudah terlanjur diinput," jelas Melyanti.

Melyanti kemudian mengungkapkan, bahwa untuk vaksinasi tahap kedua sudah mulai disosialisasikan dan dilakukan pendataan.

"Yang pasti tahap dua awal maret di Jawa sudah mulai, Kita Kepri tinggal nunggu alokasi vaksin nya saja. Untuk yg kita sosialisikan dan kita dampingi pendataannye pada Kamis dan Jumat kemarin.

Halaman
12
Penulis: Febriyuanda
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved