Breaking News:

Apa Itu Kartu Prakerja? Bantuan Biaya Pelatihan dari Pemerintah, Begini Cara Daftarnya

Mengenal apa itu Kartu Prakerja, program pemerintah yang kini kembali dibuka kini dibuka untuk gelombang 12, ketahui cara mendaftarnya.

Editor: Mona Andriani
Instagram @prakerja.go.id
Mengenal apa itu Kartu Prakerja. 

TRIBUNBATAM.id - Diketahui  pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 sudah dibuka dan sudah bisa diakses.

Bagi yang ingin mendapatkan Kartu Prakerja gelombang 12, cara dan syarat yang ditentukan sudah bisa diakses di laman www. prakerja.go.id.

Pada gelombang 11 tahun lalu, 2020, kuota Kartu Prakerja ditutup karena telah memenuhi kuota yang ditetapkan.

Lalu apa sebenarnya Kartu Prakerja itu?

Dilansir dari laman resmi Kementerian Ketenagakerjaan dan laman Prakerja.go.id yang dikutip Tribunbatam.id dari Kompas.com, Kartu Pra Kerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya.

"Karena kami percaya bahwa masyarakat Indonesia sesungguhnya ingin selalu meningkatkan kemampuannya. Didesain sebagai sebuah produk, program ini dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta," tulis ulasan dalam laman Prakerja.go.id.

Baca juga: Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12, Akses Laman Resmi www.prakerja.go.id

Kartu Pra Kerja merupakan kartu yang diberikan kepada pencari kerja atau pekerja untuk mendapatkan layanan pelatihan vokasi (skilling dan re-skilling). Skilling menyasar bagi pencari kerja berstatus fresh graduate baik baru lulus sekolah maupun kuliah.

Sementara re-skilling menyasar pekerja ter-PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) atau berpotensi ter-PHK. Pembekalan bertujuan memberikan keterampilan yang berbeda atau baru untuk alih profesi misalnya menjadi wirausaha.

Tujuan program Kartu Pra Kerja adalah mengurangi pengangguran maupun mencegah pengangguran kembali. Kartu ini juga digunakan untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi kerja.

BUMN maupun perusahaan swasta nantinya akan dilibatkan dalam program tersebut. Selain itu, Balai Latihan Kerja (BLK) yang sudah ada juga bisa dilibatkan dalam memberi pelatihan ini.

Para pemilik Kartu Pra Kerja nantinya bisa memilih langsung pelatihan atau kursus yang diminati melalui platform digital yang telah disiapkan pemerintah. Akan ada berbagai jenis pelatihan yang disiapkan.

Kartu Pra Kerja ini diproyeksikan bisa menyasar 2 juta orang peserta yang akan difasilitasi dengan pelatihan vokasi seperti keterampilan di bidang manufaktur, pariwisata, ekonomi digital, dan sebagainya.

Pelaksaan Kartu Pra Kerja bekerja sama dengan banyak mitra, seperti digital platform, mitra lembaga pelatihan, serta mitra bidang pembayaran. Program ini nantinya mampu membantu para pencari kerja untuk meningkatkan kompetensinya.

Kompas.com mengabarkan, Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja memastikan bakal melanjutkan program Kartu Prakerja.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved