Breaking News:

BATAM TERKINI

Hasil Karya Warga Binaan Rutan Kelas IIA Barelang Batam Dijual ke Industri

Pelatihan yang dilakukan kepada WBP yakni pembuatan keset kaki dan juga perakitan furniture di bengkel yang ada di Rutan Batam.

TRIBUNBATAM.id/IAN SITANGGANG
Hasil produksi dari bengkel furniture Rutan Kelas IIA Barelang Batam. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIA Barelang Batam memberikan pelatihan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), yang menjalani masa tahanannya di Rutan kelas IIA Barelang Batam.

Pihak Rutan Batam, terus melakukan upaya-upaya agar WBP yang ada di Rutan Batam, memiliki skil dan kemampuan saat bergabung dengan masyarakat. 

Pelatihan yang dilakukan kepada WBP yakni pembuatan keset kaki dan juga perakitan furniture di bengkel yang ada di Rutan Batam.

Saat ini produksi keset sudah mulai dipasarkan ke industri-industri yang ada di Kota Batam.

Sementara furniture hasil karya WBP baru sekadar menghiasi ruang kerja dan perkantoran di Rutan Batam.

Yan Patmos Purba, Kepala Rutan Kelas IIA Barelang Batam, mengatakan Rutan sendiri adalah tempat penitipan Narapidana.

"Tetapi karena saat ini hampir semua lembaga pemasyarakatan penuh. Maka WBP yang hukumannya di bawah dua tahun, tetap menjalani masa tahanan di Rutan," kata Yan.

Baca juga: Biasa Jadi Lokasi Nongkrong Para Pencari Kerja, Sejak Pandemi MPH Batamindo Sunyi

Dengan adannya WBP tersebut, maka sangat diperlukan pembekalan atau pembinaan agar disaat WBP tersebut dikembalikan kepada masyarakat, sudah memiliki kreatifitas.

"Jadi kita bersyukur, walaupun WBP yang ada di Rutan, hukumannya singkat. Namun mereka bisa memdapatkan pembinaan sebagai bekal mereka ditengah masyarakat," kata Yan.

Di juga mengatakan saat ini kendala yang dimiliki oleh pihak Rutan adalah mengenai pengadaan bahan, dan juga pemasaran hasil karya WBP."Kita tidak berharap banyak, namun yang jelas jika ada pemesanan, kita bisa buat dan hasilnya bisa membeli bahan kembali,"kata Yan.

Beberapa hasil produksi dari Bengkel Rutan Batam, seperti meja, kursi, loker, lemari dan rak buka."Semua bahanya dari kayu,"kata Yan. (Tribunbatam.id/Ian Sitanggang)

*Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Penulis: Pertanian Sitanggang
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved