Breaking News:

BATAM TERKINI

Bawang Merah hingga Daging Ayam, Ini Komoditas Penyumbang Deflasi di Kepri Selama Februari 2021

Ada sejumlah komoditas utama penyumbang deflasi untuk wilayah Kepri selama Februari 2021. Selain bawang merah dan daging ayam ras, apa lagi?

BATAM, TRIBUNBATAM.id - BI mencatat pada Februari 2021 Indeks Harga Konsumen (IHK) Kepulauan Riau (Kepri) secara bulanan mengalami deflasi -0,60% (mtm), lebih rendah dibandingkan Januari 2021 yang mengalami inflasi sebesar 0,67% (mtm). 

Komoditas utama penyumbang deflasi pada Februari 2021 adalah bawang merah, bayam, dan daging ayam ras.

Sementara itu, IHK Nasional tercatat mengalami inflasi 0,10% (mtm), juga lebih rendah dibandingkan inflasi pada bulan sebelumnya sebesar 0,26% (mtm). 

Dengan perkembangan tersebut, secara tahunan Kepri pada Februari 2021 mengalami inflasi sebesar 1,23% (yoy), menurun dibandingkan Januari 2021 sebesar 1,67% (yoy).

Inflasi Kepri secara tahunan tersebut masih di bawah sasaran inflasi Nasional sebesar 3 ± 1% (yoy).

Sedangkan deflasi di Kepri pada Februari 2021 bersumber dari penurunan harga pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau serta kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya. 

Deflasi pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau utamanya didorong oleh penurunan harga bawang merah, bayam, dan daging ayam ras seiring lancarnya pasokan dan panen yang sedang berlangsung di daerah sentra produsen didukung cuaca yang cukup kondusif.

Baca juga: Ekspor Batam Turun 7,91 Persen Selama Januari 2021

"Deflasi lebih lanjut tertahan oleh kenaikan harga pada komoditas ikan segar (ikan layang/ikan benggol) yang dipengaruhi kondisi ombak di perairan Kepri sehingga hasil tangkapan berkurang," papar Ketua TPID Kepri, Musni Hardi K. Atmadja.

Secara spasial, Kota Batam dan Kota Tanjungpinang mengalami deflasi masing-masing sebesar -0,60% (mtm) dan -0,59% (mtm).

Dengan perkembangan tersebut, secara tahunan Kota Batam mengalami inflasi sebesar 1,20% (yoy) dan Kota Tanjungpinang mengalami inflasi sebesar 1,46% (yoy). 

Halaman
12
Penulis: Rebekha Ashari Diana Putri
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved