Breaking News:

LINGGA TERKINI

Tingkatkan Kemampuan Kendalikan Inflasi, TPID Kabupaten Lingga Ikut Sosialisasi Virtual

TPID Kabupaten Lingga berharap inflasi di Lingga dapat stabil. Arahan yang disampaikan Iskandar Simorangkir di sosialisasi virtual bisa diterapkan

tribunbatam.id/istimewa
TIPD Kabupaten Lingga mengikuti sosialisasi kinerja evaluasi secara virtual, Kamis (4/3/2021) 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Iskandar Simorangkir membuka dan memimpin acara sosialisasi Kinerja Evaluasi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Kamis (4/3/2021) secara virtual.

Kegiatan ini turut dihadiri perwakilan dari pihak provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia.

Di Lingga, sejumlah pejabat yang merupakan bagian dari TPID Kabupaten Lingga hadir mengikuti rapat virtual lewat zoom meeting itu di ruang rapat Pemkab Lingga.

Di lokasi berbeda, Sekretaris Daerah Kabupaten Lingga serta Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Lingga juga menyimak pemaparan sosialisasi oleh narasumber acara.

Pada kesempatan itu, Iskandar Simorangkir menjelaskan, pentingnya pengendalian laju inflasi di setiap daerah untuk mempertahankan daya beli dan peningkatan taraf hidup masyarakat, sehingga dapat menekan angka kemiskinan.

Baca juga: Selama Februari, Inflasi Capai 0,10 Persen

Baca juga: Disperindag Batam Bangun Pasar TPID 2 Dreamland, Jamin Harga Bahan Pokok Lebih Murah

Ia lalu menyebutkan, untuk itulah Tim Pengendali Inflasi Nasional (TPIN) diatur dalam Keppres nomor 23 tahun 2017, sedangkan untuk di daerah, TPID diatur melalui keputusan Gubernur.

Iskandar juga menjelaskan pengendalian inflasi memegang peranan penting di dalam perekonomian.

"Karena dengan stabilnya inflasi, maka risiko terhadap perubahan harga bisa diperkirakan, sehingga para pengusaha bisa memprediksikan perencanaan dalam penetapan harga pokok penjualan, agar ada kepastian ke depan," jelas Iskandar Simorangkir.

Selain itu, ia juga menjelaskan soal penilaian atau evaluasi kinerja TPID, yang bertujuan untuk mengukur efektifitas koordinasi pengendalian inflasi daerah.

"Hal ini juga akan memberikan apresiasi kepada TPID yang dapat mengendalikan inflasi dan stabilitas harga di daerah masing-masing," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Febriyuanda
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved