Breaking News:

KAPAL SELAM ALUGORO 405

Baru Diresmikan Prabowo, Ini Kehebatan Kapal Selam Alugoro-405 Buatan Anak Bangsa

Keberadaan kapal Alugoro-405 asli Indonesia itu, diresmikan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (17/3

Editor:
PT Pal Indonesia (Persero)
Kapal selam milik Indonesia bernama Alugoro-405 

JAKARTA, TRIBUNBATAM.id - Kapal selam milik Indonesia bernama Alugoro-405 resmi menancapkan baling-balingnya di laut.

Kendati keberadaan kapal selama buatan asli Indonesia itu, diresmikan oleh Menteri Pertahanan ( Menhan) RI Prabowo Subianto di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (17/3/2021).

Kapal selam Alugoro ini dibangun oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan)

China dan Jepang Memanas, Kapal Selam Jepang Tabrak Tangker Milik China, Ini yang Terjadi

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meresmikan kehadiran kapal selam bernama Alugoro-405 di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (17/3/2021).
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meresmikan kehadiran kapal selam bernama Alugoro-405 di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (17/3/2021). (Dok Kemenhan vi kompas.com)

Melalui perusahaan dalam negeri PT PAL Indonesia (Persero) yang bekerja sama dengan perusahaan Korea Selatan, Daweoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME).

Drone China Berputar-putar di Laut Sulawesi, Ahli Ingatkan Waspada, Bisa Jadi untuk Rute Kapal Selam

Adapun Alugoro ini nantinya akan dioperasikan Komando Armada II (Koarmada) II.

Dalam prosesi penandatanganan berita acara serah terima kapal selam tersebut, Prabowo menilai kehadiran Alugoro-405 sebagai tonggak sejarah.

Sebab, untuk kali pertama galangan kapal milik perusahaan nasional, PT PAL, berhasil ikut serta dalam memproduksi kapal selam.

"Kita sadari bersama betapa pentingnya pertahanan kita. Kita sedang membangun kemampuan pertahanan kita," terang Prabowo dalam keterangan tertulis, Rabu (17/3/2021).

"Bukan karena kita ingin gagah-gagahan. Bukan karena kita ingin mengancam siapa pun. Tidak. Berkali-kali, turun termurun dari pendiri bangsa kita, kita tegaskan bahwa bangsa Indonesia cinta damai tapi lebih cinta kemerdekaan," tuturnya.

Rusia Luncurkan Kapal Selam Nuklir Tercanggih, Bisa Bertahan 100 Hari di Bawah Laut

Di hadapan seluruh tamu undangan, Menhan Prabowo mengatakan bahwa Indonesia harus memilki kekuatan yang cukup untuk menjaga kedaulatan hingga kesatuan dan keutuhan wilayah dari ancaman tentara negara asing.

"Hari ini merupakan selangkah ke depan bagi kita semua untuk membangun tentara kita ke arah yang lebih kuat lagi," ujar dia.

Di samping itu, Prabowo memerintahkan juga memerintahkan seluruh industri pertahanan dalam negeri wajib turut berkontribusi dalam proses peremajaan seluruh alat pertahanan negara.

Mengingat, menurut Prabowo, saat ini banyak alat pertahanan yang sudah dalam kondisi sangat tua dan saatnya diremajakan. Untuk itu, peran dari industri pertahanan akan sangat menonjol.

"Kita harap peran serta, inisiatif, kerja keras teknolog-teknolog kita, sarjana-sarjana kita, cendekiawan kita, dari ahli-ahli kita. Kita harap semua bersatu untuk kerja keras," kata dia.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved