Breaking News:

KESEHATAN

Waduh! Ternyata Orang Indonesia Jarang Sikat Gigi Selama Masa Pandemi, Ini Buktinya

Selama pandemi, kebiasaan kita dalam menjaga kesehatan secara fisik dan mental mungkin mengalami peningkatan yang cukup besar. Namun sayangnya, ...

freepik.com
Ilustrasi sikat gigi - Malas gosok gigi bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. 

TRIBUNBATAM.id - Selama pandemi, kebiasaan kita dalam menjaga kesehatan secara fisik dan mental mungkin mengalami peningkatan yang cukup besar. 

Namun sayangnya, hal tersebut tidak sejalan dengan perilaku kita menjaga kesehatan mulut dan gigi yang justru cenderung menurun. 

Dalam survei global Pepsodent di delapan negara baru-baru ini, terungkap bahwa sebanyak 30 persen orang Indonesia pernah melewatkan sehari penuh tanpa menyikat gigi

Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation, Drg Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc mengungkapkan, bahwa alasan terbesarnya adalah karena rasa malas. 

"Sebanyak 50 persen responden mengakui adanya rasa malas untuk sikat gigi di masa pandemi karena tidak banyak melakukan aktivitas di luar rumah," terangnya saat konferensi pers virtual, Jumat, (19/3/2021). 

Menurut Ratu Mirah, ini merupakan imbas dari perubahan tren gaya hidup sejak pandemi melanda. Di mana, segala aktivitas banyak dilakukan di dalam rumah saja, sehingga orang-orang menganggap sikat gigi jadi kurang penting. 

Nah, akibat dari perilaku mengabaikan sikat gigi, sebanyak 73 persen orang mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut selama masa pandemi

Survei tersebut juga mencatat ada lima masalah utama kesehatan gigi dan mulut. 

Di antaranya, mulut kering (36 persen), bau mulut atau halitosis (34 persen), gusi dan gigi berdarah saat menyikat gigi (34 persen), nyeri pada gigi, gusi, atau mulut (31 persen), dan kemunculan karises baru (25 persen).

"Kondisi ini diperburuk dengan tingginya risiko penularan Covid-19 yang membuat orang-orang kesulitan untuk memeriksakan masalah gigi dan mulut mereka ke dokter," jelasnya. 

Halaman
12
Editor: Lia Sisvita Dinatri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved