Breaking News:

Berpotensi Berbahaya, Asteroid Sebesar Tiga Kali Lapangan Bola Kini Capai Jarak Terdekat dengan Bumi

Para astronom baru-baru ini telah menangkap gambar asteroid yang akan mendekati Bumi, Minggu, (21/3/2021). Asteroid seukuran tiga kali lapangan ...

Newsweek
Ilustrasi Asteroid 

TRIBUNBATAM.id, WASHINGTON - Para astronom baru-baru ini telah menangkap gambar asteroid yang akan mendekati Bumi, Minggu, (21/3/2021).

Asteroid seukuran tiga kali lapangan sepak bola alias yang terbesar melewati Bumi tahun ini, dan akan mencapai jarak terdekatnya dengan planet kita.

Dalam istilah astronomi, asteroid tersebut bernama 2001 FO32

Menurut NASA, tidak ada ancaman tabrakan dengan planet kita sekarang atau berabad-abad yang akan datang, tetapi masih diklasifikasikan sebagai asteroid yang 'berpotensi berbahaya'. 

"Pemberian lebel "berpotensi berbahaya" dimaksudkan untuk mencatat bahwa asteroid penting untuk dilacak dan diverifikasi sebagai nol (potensi), yang memang sudah dipastikan," kata Richard Binzel ilmuwan planet dari Institut Teknologi Massachusetts, kepada Newsweek

Jarak terdekatnya dengan Bumi hari ini adalah 2 juta kilometer, menurut badan antariksa Amerika Serikat (AS) tersebut. Itu kira-kira 5,25 kali jarak dari Bumi ke Bulan. 

"Kami mengetahui jalur orbit 2001 FO32 mengelilingi Matahari dengan sangat akurat," kata Paul Chodas direktur Pusat Studi Obyek Dekat Bumi, dikutip dari AFP

NASA menerangkan, Asteroid 2001 FO32 akan datang dengan kecepatan sekitar 124.000 km/jam, lebih cepat dari kebanyakan asteroid yang jatuh ke Bumi.

Asteroid itu diperkirakan berdiameter sekitar 900 meter, bahkan pada perkiraan terkecil diameter batuan luar angkasa tersebut kira-kira setara 3,5 kali luas lapangan sepak bola. 

Melansir New York Post, asteroid ini ditemukan pada 23 Maret 2001 oleh proyek Lincoln Near-Earth Asteroid Research, kolaborasi antara Angkatan Udara AS, NASA, dan Laboratorium Lincoln di MIT.

Baca juga: Ada Asteroid Raksasa Mendekati Bumi, Ukurannya Lebih Dari Tiga Kali Lapangan Sepak Bola

Baca juga: Wabah Tikus Menyerang Wilayah Pedesaan di Australia, Pasien Rumah Sakit Dilaporkan Terkena Gigit

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved