Breaking News:

KARIMUN TERKINI

21 Warga Ditangkap Polisi Gegara Kasus Narkoba di Karimun, Catatan 1 Bulan

Dari 21 warga yang ditangkap polisi di Karimun karena terlibat narkoba, empat di antaranya perempuan.Puluhan warga ini ditangkap di sejumlah kecamatan

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/istimewa
Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan saat menginterogasi seorang tersangka penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Polres Karimun baru-baru ini 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - 21 warga Karimun ditangkap Satres narkoba Polres Karimun karena diduga terlibat narkoba.

Puluhan orang itu merupakan hasil penyelidikan kurang lebih 1 bulan, terhitung 13 Februari-20 Maret 2021.

Mirisnya lagi dari 21 orang itu, empat di antaranya wanita. Mereka ditangkap di sejumlah kecamatan di Kabupaten Karimun.

Terbanyak di Kecamatan Karimun dengan 4 kasus, 10 tersangka. Kemudian Kecamatan moral sebanyak 2 kasus, 6 tersangka. Berikutnya Kecamatan tebing satu kasus dengan 3 tersangka dan Kecamatan Moro satu kasus, satu tersangka.

"Sebanyak 21 tersangka ini terlibat dalam 8 kasus penyalahgunaan narkoba," ucap Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan, saat konferensi pers, Kamis (25/3/2021).

Baca juga: Sebelum Ditangkap Karena Narkoba, Briptu KIN Ternyata Sering Tak Masuk Kerja, Tak Disiplin

Baca juga: Kapolres Tanjungpinang Kecewa Anggotanya Tersandung Narkoba, Kaget saat Dihubungi Yos

Para tersangka tersebut memiliki peran berbeda dari pengedar hingga pemakai.

"Ada peminat dan pemakai," tambah Adenan.

Ia melanjutkan, kasus seorang tersangka dilimpahkan ke Direktorat Narkoba Polda Kepri. Tersangka tersebut diduga mengedarkan narkoba jenis sabu-sabu seberat hampir satu kilogram atau tepatnya 854,53 gram.

Untuk barang bukti secara keseluruhan, Kapolres Karimun itu menyebut narkoba jenis sabu-sabu total 1,08 kilogram atau tepatnya 1085,52 gram dan pil ekstasi 0,07 gram.

Meski banyak tersangka yang diamankan, hal itu tampaknya belum akan membuat Kapolres Karimun berhenti memberantas narkoba di wilayah hukumnya.

"Banyaknya tersangka yang berhasil diamankan ini tidak membuat kami berhenti memberantas Narkoba di wilayah hukum Polres Karimun dan kami tidak akan memberi ruang bagi pelaku tindak pidana narkoba.

Bagi masyarakat diharapkan jangan kompromi terhadap narkoba. Di mana pun narkoba ditemukan maka narkoba harus dimusuhi," jelasnya.

Dari barang bukti narkoba yang berhasil diamankan pihaknya kali ini, diperkirakan bisa menyelamatkan 3,257 sampai dengan 4,342 jiwa manusia.

"Dengan konsumsi satu gram dikonsumsi 3 sampai dengan 4 orang," terangnya.

Puluhan tersangka dijerat pasal berbeda. Ada pasal 114 ayat 2 subsider pasal 112 ayat 2 undang-undang nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara dan maksimal 20 tahun atau hukuman seumur hidup atau hukuman mati atau pidana denda sebesar Rp 1 miliar hingga Rp 10 miliar.

Selanjutnya pasal 114 ayat 1 subsider pasal 112 ayat 1 Jo pasal 127 ayat 1 huruf a undang-undang RI nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun penjara atau pidana denda Rp 800 juta sampai Rp 10 miliar.

(TRIBUNBATAM.id/YeniHartati)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Karimun

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved