Jangan Skip Kebiasaan Anda Minum Kopi: Selain, Bangkitkan Energi, Ini Khasiat Lain Kopi
Kopi meningkatkan energi dan membantu Anda fokus, tapi kopi juga punya manfaat lain yang luar biasa
EDITOR: AMINUDDIN
TRIBUNBATAM.id - Tahukah Anda, Indonesia adalah negara penhasil kopi terbesar di dunia.
Bahkan masuk lima besar penghasil kopi terbaik di dunia.
Di Indonesia, kopi adalah minuman yang cukup digemari banyak kalangan.
Mengonsumsi kopi bahkan telah menjadi bagian gaya hidup bagi sebagian besar Indonesia.
Bagi para penikmat kopi, rasanya ada yang kurang duduk pagi ataupun sore tanpa segelas kopi.
Sekarang ini kopi dihidangkan dengan berbagai varian, mulai dari dingin, panas, atau juga setengah panas.
Bila meminum kopi setiap hari sudah menjadi kebiasaan, barangkali bisa terus dilanjutkan karena ternyata banyak menawarkan manfaat.
Menurut temuan terbaru, meminum satu cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko gagal jantung. Jika kopi yang diminum semakin banyak, risiko gagal jantung menjadi semakin rendah.
Temuan penelitian itu diterbitkan di jurnal American Heart Association pada 9 Februari.
Para peneliti meninjau data dari tiga penelitian, termasuk 21.000 peserta dewasa selama 10 tahun.
Data dari dua studi menunjukkan, setiap cangkir kopi berkafein yang diminum peserta dalam satu hari dikaitkan dengan risiko gagal jantung 5-12 persen lebih rendah, dibandingkan peserta yang tidak minum kopi.
Sedangkan studi ketiga menemukan, risiko gagal jantung 30 persen lebih rendah pada peserta yang minum dua cangkir kopi sehari.
Menariknya, kopi tanpa kafein tidak memiliki manfaat yang sama, dan salah satu penelitian mengaitkan kopi non kafein dengan risiko gagal jantung yang lebih tinggi.
Dari studi tersebut terlihat, kafein pada kopi memegang peran penting terhadap kesehatan jantung.
:quality(30):format(webp):focal(0.5x0.5:0.5x0.5)/batam/foto/bank/originals/25-3-2021-ilustrasi-kopi.jpg)