Breaking News:

BINTAN TERKINI

Soal BLT Lansia di Bintan, Apri Sujadi: Nominalnya Disesuaikan dengan Anggaran Daerah

Bupati Bintan Apri Sujadi bilang, Dinas Sosial saat ini masih melakukan sinkronisasi pendataan data warga lansia dengan data di lapangan

tribunbatam.id/istimewa
Bupati Bintan Apri Sujadi bertemu dengan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad ketika Rakor Pencegahan Korupsi Pemerintah Daerah se Provinsi Kepri di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Rabu (24/3/2021) 

BINTAN, TRIBUNBINTAN.com - Pemerintah Kabupaten Bintan belum menetapkan nominal besaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk lansia.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan, nominal BLT lansia itu nantinya akan disesuaikan dengan alokasi anggaran pemerintah daerah setelah penyelesaian tahapan pendataan.

Hal ini disampaikannya seusai menghadiri Rakor Pencegahan Korupsi Pemerintah Daerah se-Provinsi Kepri di Aula Wan Seri Beni, Dompak, Rabu (24/3/2021) kemarin.

"Saat ini masih pendataan dan perumusan. Berapa nilainya nanti kita sesuaikan dengan anggaran pemerintah daerah setelah kita melakukan finalisasi pendataan.

Hal yang penting bagaimana kita menyalurkan bantuan ini agar tepat sasaran dan tepat guna," tegasnya.

Baca juga: Apri Sujadi Minta Kinerja ASN Bintan Dapat Lebih Produktif di Era Pandemi Covid

Baca juga: Wabub Bintan Tanyakan Wilayah Kerja Imigrasi Tanjunguban, Kakanim: Kita Akan Sampaikan ke Kanwil

Ia melanjutkan, Dinas Sosial Kabupaten Bintan saat ini masih melakukan sinkronisasi pendataan data warga lansia di Bintan dengan data lapangan di RT dan RW.

Baru kemudian akan dihitung estimasi budget alokasi anggaran yang dibutuhkan. Termasuk merumuskan pola persyaratan penerima dan mekanisme pelaksanaan program BLT Lansia.

Meski begitu, Apri mengatakan, ada syarat kriteria yang harus diperhatikan dalam program BLT Lansia. Yakni bantuan tersebut dikhususkan bagi lansia di atas 60 tahun.

Selain itu, bagi lansia yang sudah terdaftar di Program Keluarga Harapan (PKH) juga disinkronisasi dengan program yang akan dikucurkan pemerintah daerah.

"Ini supaya data yang dikucurkan tidak tumpang tindih. Realisasi antara program pusat dan program pemerintah daerah untuk dua kategori sosial ekonomi yang akan kita bantu yaitu para lansia dan juga janda yang menjadi tulang punggung keluarga," jelasnya.

(tribunbatam.id/Alfandi Simamora)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Bintan

Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved