Breaking News:

Kapalnya Bikin Macet Terusan Suez, Pemilik MV Ever Given: Saya Minta Maaf

Kapal kargo itu benar-benar menghalangi salah satu jalur perdagangan utama dunia. Pihak berwenang dan kru spesialis sejauh ini belum dapat membebaskan

Nikkei Asia
Citra satelit menunjukkan kapal kargo MV Ever Given terjebak di Terusan Suez, Suez, Mesir, pada 25 Maret. © Cnes2021, Distribution Airbus DS/AP 

TRIBUNBATAM.id, SUEZ - Pemilik kapal kargo MV Ever Given Shoei Kisen, Yukito Higaki meminta maaf karena  kapal yang disewa perusahaan pelayaran Taiwan, Evergreen Marine menyebabkan masalah dan mengganggu jalur Terusan Suez

"Saya minta maaf karena telah menyebabkan masalah dan kekhawatiran besar," kata Higaki, dikutip dari Nikkei Asia Jumat, (26/3/2021). 

Higaki menjelaskan, pihaknya masih menyelidiki penyebab kecelakaan yang hambat perdagangan maritim dunia itu. 

"Kami hanya bisa memprediksi, itu karena masalah cuaca," ujarnya. Perusahaan menambahkan, tidak ada laporan mengenai masalah instrumen navigasi. 

Perusahaan Shoei Kisen juga disebut akan membebaskan kapal yang memblokir Terusan Zues pada Sabtu,  (27/3/2021) malam waktu Jepang

Shoei Kisen, afiliasi dari pembuat kapal utama Jepang, Imabari Shipbuilding mengatakan akan mencoba menghilangkan sedimen dari area haluan Ever Given untuk membebaskan kapal yang terjebak namun masih belum berhasil dilakukan. 

"Kami terus bekerja untuk menghilangkan sedimen seperti sekarang, dengan alat pengerukan tambahan," kata perusahaan itu, Jumat, (26/3/2021). 

Shoei mengatakan lima ahli yang dikirim oleh sebuah perusahaan asuransi telah bekerja sama dengan otoritas lokal di Suez sejak Kamis, (25/3/2021). Perusahaan juga mengatur pengiriman dua kapal tunda besar. 

Sebelumnya, Ever Given, kapal kontainer sepanjang 400 meter dengan berat lebih dari 200.000 ton, kandas di kanal pada hari Selasa, (23/3/2021). 

Eksekutif Shoei Kisen, pemilik kapal kargo Jepang yang memblokir Terusan Suez, meminta maaf atas gangguan yang terjadi pada konferensi pers Jumat, (26/3/2021).
Para eksekutif Shoei Kisen, pemilik kapal kargo (Ever Given) Jepang yang memblokir Terusan Suez, meminta maaf atas gangguan yang terjadi, pada konferensi pers Jumat, (26/3/2021).  (Nikkei Asia)

Baca juga: Delapan Tug Boat Dikerahkan Bantu Kapal MV Ever Given yang Karam di Terusan Suez

Kapal kontainer itu benar-benar menghalangi salah satu jalur perdagangan utama dunia. Pihak berwenang dan kru spesialis sejauh ini belum dapat membebaskan kapal itu. 

Penyumbatan tersebut memicu kekhawatiran perdagangan global karena kapal lain yang akan melewati Terusan Suez tertunda atau dialihkan. 

Setidaknya 100 kapal mengantre menunggu giliran melewati Terusan Suez, Mesir

Perusahaan yang mengatur operasional Terusan Suez, Gulf Agency Company (GAC), menyatakan sekitar 42 kapal dari utara tengah menunggu untuk transit ke jalur tersebut. Sementara itu, 64 kapal lainnya yang datang dari selatan juga terpaksa menunggu untuk transit. 

Perusahaan pemilik kapal, Evergreen Marine, menjelaskan bahwa kontainer itu memasuki Terusan Suez pada Selasa pagi. 

Situs web pelacakan kapal menunjukkan bahwa beberapa kapal di Samudra Atlantik dan Hindia mulai mengubah jalur dari rute yang akan membawa mereka melalui Terusan Suez

Menurut Otoritas Terusan Suez (SCA), setiap tahun hampir 19 ribu kapal melalui Terusan Suez dengan total tonase mencapai 1,17 miliar ton. (*) 

Simak berita Tribunbatam.id lainnya di Google News

Berita Tentang Terusan Suez

Baca juga: Jokowi Pastikan Tak Ada Impor Beras Selama 6 Bulan Ke Depan, Sebut Nota Kesepahaman Untuk Jaga-Jaga

Baca juga: Ini 6 Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dan Mudah

Baca juga: Arti Mimpi Dikejar-kejar Mantan Tak Berarti Balikan, Bisa Jadi Ada Pertanda Buruk yang Bikin Apes

Baca juga: 4 Manfaat Kedelai untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui, Mampu Turunkan Risiko Kanker Payudara

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved