Breaking News:

BATAM TERKINI

Batam Siap Buka Pintu Wisman saat Pandemi, Pemko Bertemu Pelaku Wisata di Nongsa

Pemko Batam saat ini sedang menyusun SOP yang bakal diterapkan bagi wisman yang berkunjung ke Nongsa.

TribunBatam.id/Muhammad Ilham
Batam Siap Buka Pintu Wiswan saat Pandemi, Pemko Bertemu Pelaku Wisata di Nongsa. Foto Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pintu wisatawan mancanegara (wisman) Batam diprediksi akan berlangsung mulai 21 April 2021.

Arahan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kemenparekraf RI ini, disambut baik oleh Pemko Batam.

Saat ini, pemerintah daerah tengah berupaya menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) yang akan diterapkan bagi para wisman yang berkunjung ke Kepri.

"Rencananya akan dibuka kembali pada tanggal 21 April ini, ada dua titik di Kepri, yaitu kawasan Nongsa, Batam, dan kawasan Lagoi, Bintan," ujar Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Minggu (28/3/2021).

Untuk mempersiapkan kedatangan wisman, Pemko Batam telah menggelar pertemuan bersama para pelaku wisata di kawasan Nongsa, Batam.

Seluruh pelaku wisata tersebut menyambut baik dan berkomitmen untuk melayani wisman sesuai dengan standar protokol kesehatan yang akan ditetapkan nantinya.

Bincang-bincang Muhammad Rudi (Walikota Batam) dan Sandiaga Salahuddin Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) di Pantai Palm Spring Nongsa
Bincang-bincang Muhammad Rudi (Walikota Batam) dan Sandiaga Salahuddin Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) di Pantai Palm Spring Nongsa (Ist)

Kegiatan-kegiatan pariwisata yang akan dilakukan oleh wisman pun diperkirakan akan terpusat di kawasan wisata Nongsa terlebih dahulu.

Pasalnya, beberapa kali kawasan wisata ini sudah memperoleh kunjungan dan tinjauan atas kelengkapan fasilitas dan standar protokol kesehatannya.

"Nanti soal apakah wisman boleh beraktivitas di luar kawasan Nongsa, dan lain sebagainya, itu berkembang saja tergantung pembahasan SOP yang segera kami susun bersama ini," ujar Amsakar.

Adapun SOP yang akan disusun, menurut Amsakar, tidak hanya menyangkut aktivitas wisman di dalam kawasan wisata saja, melainkan juga sejak awal kedatangan, transportasi, penginapan, aktivitas wisata, hingga kepulangannya.

Siapkan 2 Lokasi di Kepri

Dua kawasan wisata yakni Nongsa Point Marina dan Bintan Lagoon Resort siap dibuka kembali pada 21 April 2021.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad pun mengungkap dipilihnya dua lokasi wisata Kepri ini yang dibuka saat masa pandemi Covid-19.

Pembukaan kembali kawasan wisata ini, menurutnya dilakukan dengan penuh perhitungan.

Baca juga: Dongkrak Pariwisata Bintan saat Pandemi, Dispar Kepri Kampanye Sadar Wisata

Baca juga: The Entrance of Foreign Tourists will be Opened, Batam Mayor Confirms This to Nongsa Tourism Manager

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved