Breaking News:

Apresiasi Pemusnahan Kapal Ikan Asing, Sekda Natuna: Nelayan Jangan Takut Melaut

Sekda Natuna Hendra Kusuma menilai, penenggelaman kapal ikan asing itu membuktikan pemerintah hadir untuk menangani illegal fishing di laut Natuna

tribunbatam.id/Muhammad Ilham
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna, Hendra Kusuma. Foto diambil di Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Natuna, Pelabuhan Perikanan Selat Lampa Natuna, Kepulauan Riau, seusai mengikuti pemusnahan KIA, Rabu (31/3/2021) 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - 10 kapal ikan asing berbendera Vietnam dimusnahkan Kejaksaan RI dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di Perairan Pulau Sabang Mawang bagian Selatan Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (31/3/2021) siang. 

Pemusnahan kapal ikan asing itu dilakukan setelah sirine dibunyikan secara bersama-sama oleh Sekretaris Jenderal KKP yang juga Plt Direktur Jenderal PSDKP, Antam Novambar, Kepala Pusat Pemulihan Aset Kejaksaan Agung, Erlan Suherlan, Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau, Hari Setiyono dan Kepala Kejaksaan Negeri Natuna, Imam MS Sidabutar.

Seusai sirine menggema di udara, terlihat kapal tersebut mulai mengeluarkan asap hitam yang membumbung tinggi.

Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau, Hari Setiyono mengatakan, pemusnahan 10 barang bukti berupa KIA berbendera Vietnam dimusnahkan setelah berkekuatan hukum tetap atau inkracht.

"Pemusnahan 10 KIA ini kita lakukan dengan cara dibakar kemudian ditenggelamkan," kata Hari kepada awak media di atas Kapal Hiu Macan Tutul 02.

Terkait hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna, Hendra Kusuma memberikan apresiasi kepada KKP dan Kejaksaan RI.

"Tentunya dengan pemusnahan 10 kapal ikan asing ini memberikan efek jera bagi nelayan pencuri ikan di laut kita," kata Hendra kepada Tribunbatam.id di Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Natuna, seusai mengikuti pemusnahan KIA.

Menurutnya, dengan pemusnahan KIA ini membuktikan bahwa pemerintah hadir, khususnya Pemerintah pusat berkoordinasi dengan pemerintah daerah hadir bersama untuk menangani masalah illegal fishing di laut Natuna.

Sekda Natuna itu juga meminta kepada nelayan Natuna agar tidak takut melaut.

"Tentunya masyarakat nelayan kita dalam mencari rezeki khususnya di laut Natuna, untuk tidak takut, seperti biasa saja. Karena pemerintah hadir di sini.

Halaman
123
Penulis: Muhammad ilham
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved