Breaking News:

INFO PENERBANGAN

CATAT! Mulai Besok, Syarat Terbang di Bandara Hang Nadim Batam Pakai GeNose C19, Simak Tahapannya

Ada beberapa tahapan yang harus dijalani calon penumpang yang akan melakukan tes covid-19 pakai GeNose C19 di Bandara Hang Nadim Batam. Berlaku besok

Penulis: | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/ALAMUDIN HAMAPU
Suasana di Bandara Hang Nadim Batam 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Satuan Gugus tugas penanganan Covid-19 mengeluarkan surat edaran terbaru dari Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 12 Tahun 2021 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negri dalam masa Pandemi Covid-19.  

Dalam aturan tersebut pemerintah menambahkan aturan terkait penggunaan GeNose C19 sebagai alat deteksi virus covid-19 sebagai alternatif syarat perjalanan.

Termasuk perjalanan menggunakan moda transportasi pesawat terbang.

Aturan surat edaran terbaru pemeriksaan GeNose akan muali diberlakukan tanggal 1 April 2021.

Untuk di Bandara Hang Nadim, pemeriksaan antigen akan digantikan dengan penerapan GeNose C19.

General Manager BUBU Hang Nadim, Benny Syahroni menyebutkan, ada beberapa tahapan yang harus dijalani calon penumpang, yang akan melakukan perjalanan dari Bandara Internasional Hang Nadim. 

"Calon penumpang hendak melakukan perjalanan harus dalam kondisi sehat dan menerapkan protokol kesehatan," ujar Benny Kamis (31/3/2021).

Baca juga: INFO Cuaca Wilayah Kepri, Besok Kamis (1/4/2021) Diprediksi Hujan di Pagi dan Siang Hari

Benny menjelaskan, calon penumpang yang akan melakukan tes Covid19 menggunakan alat GeNose dilarang merokok, makan dan minum 30 menit sebelum melakukan tes.

Sebelum Pemeriksaan Covid19 menggunakan GeNose, calon penumpang melakukan registrasi dan membayar biaya administrasi. Setelahnya calon penumpang akan diberikan kantong GeNose Covid19.

"Saat Pemeriksaan yang bersangkutan akan diminta mengambil napas melalui hidung sebanyak 3 kali dengan urutan,2 kali napas dibuang dalam kondisi menggunakan masker. Lalu saat buang napas ketiga, dibuang ke dalam kantong GeNose hingga penuh," jelas Beny. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved