Breaking News:

Pemerintah Gelontorkan Rp 400 Miliar untuk Insentif UMKM, Pencairan 20 April 2021

Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan jadwal pencairan insentif UMKM pada 20 April 2021

Via Kompas.com
Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan 

TRIBUNBATAM.id - Pemerintah menggelontorkan dana Rp 400 miliar untuk pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan jadwal pencairan insentif UMKM pada 20 April 2021. 

“Karena permintaan untuk barang UMKM terus naik. Kami akan memberi stimulus ini pada tanggal 20 bulan April ini,” kata Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara pembukaan UKM Jawa Barat, Sabtu (3/4). via video conference.

Tak hanya untuk pengusaha UMKM, pemerintah masih akan memberi kucuran dana kepada sektor pariwisata di pertengahan tahun ini, yaitu sebesar Rp 2 triliun dan akan diserahkan pada periode Juni 2021 hingga Juli 2021.

“Ini untuk bangga wisata Indonesia dan ini saya pikir langkah-langkah pemerintah yang sangat proaktif untuk membangun ekonomi lebih kuat,” tambah Luhut.

Baca juga: 3 Golongan yang Tidak Dapat BLT UMKM 2021 meski Punya Usaha, Begini Cara Mengeceknya

Luhut menambahkan, pemerintah berhasil menghemat sekitar US$ 17 miliar dari alokasi anggaran bealnja modal dan belanja barang yang sebesar Rp 1.300 triliun. Anggaran yang dihemat ini akan digunakan untuk mengembangkan UMKM nasional.

Yaitu, untuk mengembangkan kualitas produk dalam negeri dan termasuk pengembangan teknologi-teknologi untuk memproduksi barang-barang tersebut.

Luhut menyampaikan, Presiden Joko Widodo turut senang dengan nominal yang berhasil dihemat oleh Indonesia. Jokowi pun meminta untuk lebih kreatif dalam mengembangkan UMKM dan memanfaatkan produk dalam negeri.

“Sehingga, kita bisa mengurangi impor dari luar negeri dan memutar uang di dalam negeri. Kita ciptakan lapangan kerja dan membuat kita lebih hebat,” kata Luhut.(kontan)

Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved