Breaking News:

RAMADHAN 2021

Kementerian Agama Batam Izinkan Umat Islam Tarawih di Masjid saat Ramadhan 2021

Kementerian Agama Batam mengizinkan umat Islam ibadah salat tarawih di masjid saat Ramadhan. Protokol kesehatan wajib dilaksanakan

tribunbatam.id/Beres Lumbantobing
Foto Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Batam Zulkarnain Umar. Kementerian Agama Batam Izinkan Umat Islam Tarawih di Masjid saat Ramadhan 2021 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam mengizinkan umat Islam ibadah tarawih di masjid pada Ramadhan 2021.

Meski begitu, sejumlah persyaratan wajib dilaksanakan semua jemaah, terutama menyangkut dengan protokol kesehatan.

Hal itu ditegaskan Kepala Kemenag Batam Zulkarnain Umar saat ditemui di Kantor Kemenag di Sekupang, Senin (5/4/2021) siang.

Ia menyebutkan sesuai hasil rapat bersama tim badan Hisab Rukyat Batam, memberikan izin untuk pelaksanaan tarawih dan Idulfitri di masjid dengan sejumlah persyaratan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan menyangkut salat tarawih di masa pandemi ini.

Baca juga: Bisa Dipraktikkan, Ini Bacaan Doa dan Amalan Sebelum Ramadhan 2021

Baca juga: RAMADHAN 2021 - Lima Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Puasa, Dari Niat hingga Berbuka

"Satu hal yang paling utama ialah, seluruh jemaah yang menjalankan ibadah di masjid saat bulan Ramadhan, nantinya benar-benar menjaga dan menjalan protokol kesehatan," ujarnya.

Karena itu, ia mengimbau di setiap pintu masuk masjid juga disediakan alat cek suhu tubuh, wajib memakai masker dan jaga jarak.

Sementar jemaah yang sakit atau demam, ia meminta untuk tetap menjalankan ibadah tarawih di rumah. Hal ini meminimalisir penyebaran angka kasus positif Covid-19 di Batam.

Untuk di masjid, ia juga menyatakan agar memperbanyak mikrofon. Sehingga tidak hanya satu yang dipakai oleh banyak orang. Selain itu bisa juga dengan mengganti sampul mikrofon secara berkala.

"Untuk kultum kita minta dipersingkat, maksimal 15 menit. Untuk ayat pendeknya kita minta jangan yang panjang-panjang," ujarnya.

(Tribunbatam.id/bereslumbantobing)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Ramadhan 2021

Penulis: Beres Lumbantobing
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved