Breaking News:

Anggaran KIP Kuliah 2021 Naik, Universitas Internasional Batam Buka Kesempatan Beasiswa Tanpa Kuota

Mendikbud Nadiem Makarim mengumumkan bahwa terdapat beberapa perubahan kebijakan dalam pengalokasian anggaran Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Penulis: Renhard Patrecia Sibagariang | Editor: Agus Tri Harsanto
Ist
Universitas Internasional Batam Membuka Kesempatan Beasiswa Tanpa Kuota 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengumumkan bahwa terdapat beberapa perubahan kebijakan dalam pengalokasian anggaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah tahun 2021 pada tanggal 26 Maret 2021.

Total anggaran KIP Kuliah 2021 naik hampir dua kali lipat dari Rp 1,3 triliun menjadi Rp 2,5 triliun. Kebijakan ini dilakukan agar dapat menjaring lebih banyak calon mahasiswa yang berprestasi dan tidak mampu.

“KIP 2021 kita tingkatkan anggarannya dari Rp 1,3 triliun menjadi Rp 2,5 triliun. Mengapa? Bukan menambah jumlah peserta, masih sama 200.000, tapi yang berbeda rata-rata besaran uang kuliah per semester dibagi menurut akreditasi perguruan tinggi,” kata Nadiem saat peluncuran secara virtual Merdeka Belajar Episode ke-9 KIP Kuliah Merdeka.

Nadiem menjelaskan KIP Kuliah 2020 menetapkan rata-rata besaran uang kuliah sebesar Rp 2.4 per semester dan biaya hidup Rp 700.000 per bulan. Namun, KIP Kuliah tahun 2021 ini ada kenaikan dan membedakan skema biaya pendidikan sesuai prodi yaitu prodi terakreditasi A maksimal Rp 12 juta per semester, prodi terakreditasi B maksimal Rp 4 juta per semester, dan prodi terakreditasi C maksimal Rp 2,4 juta per semester, dengan biaya hidup dari Rp 700.000 hingga Rp 1,4 juta perbulan.

Universitas Internasional Batam (UIB) sebagai salah satu universitas yang menerima pendaftaran beasiswa Bidikmisi/ KIP Kuliah turut berpartisipasi dan menghimbau siswa yang lulus tahun ajaran 2020 dan 2021 untuk segera mendaftar beasiswa ini.

UIB tidak membatasi kuota pendaftar beasiswa ini dan membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tapi terkendala faktor ekonomi.

Fasilitas beasiswa ini tentunya menggratiskan uang kuliah hingga lulus (7 semester), penempatan kerja di UIB dengan gaji perbulan, serta ditambah biaya hidup dari pemerintah hingga Rp 1,4 juta/bulan.

Jika calon mahasiswa dari luar kota Batam, maka ada fasilitas asrama yang sampai saat ini masih gratis.

Pendaftaran KIP Kuliah di UIB dapat dilakukan pada Gelombang Beasiswa. Untuk saat ini UIB sedang membuka pendaftaran Gelombang 5 Beasiswa yang dimulai dari tanggal 9 Maret 2021 sampai dengan tanggal 16 April 2021.

Pendaftaran dilakukan secara daring melalui laman pendaftaran UIB yaitu pendaftaran.uib.ac.id. Setiap calon peserta cukup menyiapkan softcopy dokumen-dokumen pendaftaran, yaitu:

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved