Breaking News:

Mampu Kurangi Stres hingga Tingkatkan Mood, Berikut 8 Manfaat Menangis yang Jarang Diketahui

Menangis adalah suatu respon alami yang dimiliki setiap manusia terhadap berbagai emosi seperti kesedihan, kegembiraan, dan frustrasi.  

http://www.gaulgelaa.com
Ilustrasi wanita menangis 

TRIBUNBATAM.id - Menangis adalah suatu respon alami yang dimiliki setiap manusia terhadap berbagai emosi seperti kesedihan, kegembiraan, dan frustrasi.  

Menurut sains, manfaat menangis sangat baik untuk kesehatan. 

Menangis adalah hal yang wajar bagi manusia baik wanita maupun pria. Wanita menangis rata-rata 3,5 kali per bulan dan pria rata-rata menangis 1,9 kali sebulan. 

Uniknya, manusia adalah satu-satunya makhluk hidup yang menangis. Lalu, apa manfaat menangis bagi kita?  

Manfaat menangis

Dilansir Medical News Today, Sabtu, (10/4/2021), banyak orang yang mencoba untuk menahan air mata dan mereka melihatnya sebagai tanda kelemahan. 

Tetapi sains menunjukkan bahwa dengan menahan tangis bisa kehilangan berbagai manfaat. Peneliti telah menemukan, menangis dapat memberikan berbagai manfaat sebagai berikut. 

1. Memiliki efek menenangkan

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa menangis mungkin memiliki efek langsung yang menenangkan diri pada orang-orang. Studi tersebut menjelaskan bagaimana menangis mengaktifkan sistem saraf parasimpatis yang membantu orang rileks. 

2. Mendapat dukungan dari orang lain

Selain membantu orang menenangkan diri, menangis dapat membantu orang mendapatkan dukungan dari orang lain di sekitar mereka.

Sebuah studi tahun 2016 menjelaskan bahwa menangis pada dasarnya adalah perilaku keterikatan, karena hal itu menggalang dukungan dari orang-orang di sekitar kita. Ini dikenal sebagai keuntungan interpersonal atau sosial. 

3. Membantu meredakan nyeri

Penelitian telah menemukan bahwa selain menenangkan diri, meneteskan air mata emosional melepaskan oksitosin dan endorfin.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved