Breaking News:

Hanya Diberi Waktu 2 Menit, Anies Baswedan Mampu Yakinkan Sekjen PBB soal Aksi Iklim

Hanya 2 menit Sekjen PBB mampu diyakinkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenai lingkungan dan perubahan iklim.

POS-KUPANG.COM/GORDI DONOFAN Instagram @aniesbaswedan
Luar Biasa, Hanya 2 Menit Anies Baswedan Bikin Sekjen PBB Terpukau, David Miller: Apalagi 4 Menit 

TRIBUNBATAM.id - Hanya 2 menit Sekjen PBB mampu diyakinkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenai lingkungan dan perubahan iklim.

Dalam forum dialog Sekjen PBB dan Pimpinan C40,  yang dilakukan secara daring, 16 April 2021, Anies Baswedan mampu meyakinkan Sekjen PBB Antonio Gutteres atas usulan DKI Jakarta dalam program tersebut

Anies tampil sebagai salah satu pembicara di forum itu. 

Dalam forum tersebut, Anies Baswedan mengatakan, pemerintah setiap kota memiliki tugas untuk menyediakan lingkungan tempat tinggal yang layak huni bagi warganya. 

Termasuk mengatasi dampak perubahan iklim dengan berupaya mengurangi emisi karbon yang dihasilkan oleh kota.

"Kota-kota di seluruh dunia telah berkomitmen dan mengalokasikan sumber daya untuk membuat rencana aksi iklim dan melaksanakan aksi iklim dalam strategi transportasi, tata bangunan, dan mempromosikan energi bersih dan sebagainya," kata Anies dalam keterangannya. 

Anies telah berkomitmen untuk menjadikan Jakarta sebagai Kota Berketahanan Iklim, bahkan Jakarta sendiri telah memiliki target zero emission pada tahun 2050.

"Saat ini, kita sedang bertransformasi dari pembangunan yang berbasis mobil ke pembangunan yang berbasis pada transit (Transit Oriented Development)," kata Anies.

Anies mengusulkan, PBB mengambil peran lebih besar untuk membantu kota-kota di dunia, dalam 3 aspek, yakni: 

Pertama, PBB dapat mendorong negara-negara untuk mengakui pencapaian aksi iklim yang dilakukan pada tingkat kota dan itu perlu dihitung sebagai bagian dari National Determined Contribution (NDC) dari aksi iklim.

Halaman
12
Editor: Aminudin
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved