Breaking News:

BATAM TERKINI

Pekerja Migran dan WNI dari Luar Negeri Wajib Swab Test dan 5 Hari Karantina

Kepala BNPB Letjen Deni Monardo rapat kesiapan pemulangan pekerja migran dan WNI dari luar negeri, wajib swab test dan 5 hari karantina

TRIBUNBATAM/ALAMUDIN
Kepala BNPB Letjen TNI Dr Doni Monardo saat rapat penanganan Covid-19 di Bandara Hang Nadim Batam 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan rapat kerja dengan Pemerintah Provinsi Kepri, Pemko Batam dan Pemko Tanjungpinang di Bandara Hang Nadim Batam, Senin (19/4/2021).

Kepala BNPB Letjen TNI Dr Doni Monardo mengatakan rapat kerja dilakukan untuk menghadapi pemulangan pekerja migran Indonesia (PMI) atau WNI dari luar negeri.

Doni mengatakan bahwa pemerintah membantu pemerintah provinsi Kepri dan kabupaten kota yang menerima pemulangan PMI /WNI akan menambahkan beberapa bantuan anggaran, logistik seperti Reagen, PCR.

"Ada masukan masukan dari kami ke walikota membantuk satgas. Didalamnya ada unsur gabungan perwakilan kemenkes, kemendag, TNI dan Polri," jelas Doni.

Lanjut Doni untuk Tanjungpinang, kondisi fasilitas di sana cukup memadai.

"Tanjungpinang hambatannya logistik, biaya makan. Ditangani pemerintah, tapi anggaran terbatas. Sehingga tidak melalui ketentuan ke karantinaan. Swab setelah karantina 5 hari," ujar Doni.

Doni mengatakan dengan rapat kerja bersama itu diharapkan penanganan pemulangan WNI/PMI bisa ditangani baik oleh pemerintah daerah dan pemerintah kota.

Dijelaskan Doni nantinya jika ada PMI/ WNI yang tiba akan dilakukan Swab Test pertama dan dikarantina selama lima hari.

"Jika Positif Covid dan isolasi. Tempatnya sudah ada. Rumah sakit di kota Batam," ujarnya

Doni melanjutkan jika positif maka akan dirawat dan ketika negatif hasil Swab PCR maka PMI/WNI dipersilahkan untuk pulang ke daerah asalnya.

Halaman
12
Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved