Breaking News:

Siapkan Payung! BMKG Prediksi Wilayah Batam Berpotensi Hujan hingga Mei 2021

Suratman menyebut, Batam memiliki dua periode puncak penghujan dalam setahun. Di antaranya April dan Mei kemudian November dan Desember

HO-Scroll.in
Siapkan Payung! BMKG Prediksi Wilayah Batam Berpotensi Hujan hingga Mei 2021. Ilustrasi Hujan Deras 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam menyebut, saat ini Kota Batam tengah masuk dalam musim penghujan.

"Ini merupakan siklus normal," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stamet Hang Nadim, Suratman pada Selasa (20/4/2021).

Suratman menjelaskan, secara klimatologi selama 30 tahun, di penghujung April dan Mei potensi hujan meningkat secara drastis dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Ia melanjutkan, Batam memiliki dua periode puncak penghujan dalam setahun, yakni jelang pertengahan tahun dan akhir tahun.

"Batam itu memiliki dua periode puncak hujan. April dan Mei, dan November dan Desember," ujarnya.

Suratman menyebutkan semakin mendekati bulan Mei, potensi hujan dan intensitas akan semakin meningkat.

"Normalnya memang seperti itu, kecuali ada hal-hal berpengaruh secara global. Saat ini masih belum merata. Ada hujan ada tidak," sebutnya.

Untuk gelombang di wilayah Kepri dan di sekitar perairan Batam hingga akhir April terbilang aman.

"Tetapi masyarakat agar mewaspadai perubahan cuaca mendadak. Saat terjadi perubahan cuaca dari panas ke hujan ini, menyebabkan angin kencang. Sehingga meningkatkan potensi gelombang tinggi," imbaunya.

Untuk kecepatan angin yang bisa menyebabkan puting beliung saat ini menurutnya tidak ada. Namun terjadinya Gusty (angin kencang secara mendadak) tetap ada.

Halaman
12
Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved