Breaking News:

RAMADHAN 2021

Ustaz Khalid Basalamah Jelaskan Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar, Kapan Turun?

Ustadz Khalid Basalamah menjelaskan tentang malam Lailatul Qadar yang sangat masyhur dan mulia

istimewa
Ustaz Khalid Basalamah Jelaskan Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar, Kapan Turun? 

TRIBUNBATAM.id - Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan tentang malam Lailatul Qadar yang sangat masyhur dan mulia.

Malam Lailatul Qadar selalu menjadi misteri, bukan sebagaimana diungkap sebagian kalangan bahwa malam itu adalah hari ke 17 Ramadan, melainkan diturunkannya adalah Lailatul Qadar, malam yang mulia.

Karena itu, umat Islam berbondong-bondong di 10 hari Ramadan melaksanakan itikaf.

"Sedekah Rp 10.000 di saat Lailatul Qadar, maka pahalanya sama dengan Rp 10.000 diulang 1.000 bulan. Mengucapkan subhanallah berulang-ulang selama 1.000 bulan. Tujuan utama itikaf adalah mengejar Lailatul Qadar, yang juga menjadi penentuan keputusan satu tahun ke depan," kata Ustaz Khalid Basalamah.

Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan, keutamaan malam Lailatul Qadar memang sangat istimewa.

Menurut Ustaz Khalid Basalamah, Al Quran diputuskan pada malam Lailatul Qadar.

"Allahu Alam umur kita sampai itu atau tidak, apa saja yang dikerjakan adalah lebih baik dari 1.000 bulan. Saat itikaf, yang dilakukan adalah mendirikan salat di malam Lailatul Qodar diampuni dosanya yang lalu, dibersihkan semuanya. Lailatul Qadar berputar di malam-malam ganjil," katanya.

Menurut Ustaz Khalid Basalamah, malam ganjil tersebut adalah malam 21, 23, 25, 27, 29.

"Karena itu, kejarlah di malam-malam ganjil, sering terjadi di malam 27. Nabi Muhammad SAW mengikat lebih kencang pakaiannya untuk itikaf di 10 malam terakhir Ramadan Bukan hanya mengikat diri di hari ganjil karena untuk menilai malam ganjil atau tidak, bisa saja berputar di malam ganjil berkelanjutan. Bukan mustahil, Lailatul Qodar masih berentetan, tatkala di Indonesia malam genap, di Arab Saudi malam ganjil, begitu sebaliknya," ujar Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan.

Dijelaskan mengapa Indonesia sering terlambat puasa dan Lebaran, menurut Ustaz Khalid Basalamah, bukan hanya pada bulan Hijriah, tapi pada malam-malam lain, bulan bisa juga tidak terlihat.

Halaman
1234
Editor: Danang Setiawan
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved