Breaking News:

Covid-19 di India Melonjak Pasca Perayaan Ritual, Nyaris 300 Ribu Kasus Sehari

India kembali membuat rekor kasus harian Covid-19 tertinggi di dunia dengan angka kematian paling banyak sejak pandemi berlangsung di negara itu, ...

Editor: Lia Sisvita Dinatri
Kompas.com
Ilustrasi - India melaporkan lebih dari 200.000 kasus virus corona baru, pada Kamis (15/4/2021), dengan 14 juta secara keseluruhan terinfeksi, dan semakin intensif membebani sistem perawatan kesehatan yang rapuh. (AP PHOTO/RAJESH KUMAR SINGH) 

TRIBUNBATAM.id, UTTARAKHAND - India kembali membuat rekor kasus harian Covid-19 tertinggi di dunia dengan angka kematian paling banyak sejak pandemi berlangsung di negara itu, Rabu, (21/4/2021). 

Melansir AFP, Kementerian Kesehatan India melaporkan, dalam 24 jam terakhir, jumlah kasus harian terinfeksi Covid-19 mencapai 295.000 kasus dan angka kematian 2.023. Sehingga total kematian di India menjadi 182.553 orang. 

Perdana Menteri India, Narendra Modi dalam pidato pada Selasa, (20/4/2021) mengatakan, negara berpenduduk 1,3 miliar itu sekali lagi harus berjuang dalam pertarungan besar. 

"Situasi sempat terkendali dalam beberapa Minggu lalu, dan kemudian gelombang kedua corona ini datang seperti badai," ujar Modi. 

Ia mendesak warga untuk berusaha melawan virus corona, sehingga tak perlu menerapkan lockdown lagi. Ia bahkan mengimbau negara bagian untuk mencari solusi lain, dan menggunakan penguncian sebagai jalan terakhir. 

Pada Selasa kemarin kasus harian di India mencapai 259.170 dan 1.761 kematian. 

Meski kota-kota di negara itu padat penduduk dan perawatan kesehatan buruk, India berharap bisa menghalau pandemi Covid-19 yang telah menewaskan lebih dari tiga juta orang di seluruh dunia. 

Tenaga kesehatan menganggap lonjakan virus corona ini sedikit banyak terjadi akibat sejumlah perayaan ritual yang berlangsung di India dalam waktu dekat ini. 

Salah satunya ritual mandi di sungai alias Kumbh Mela yang berlangsung beberapa waktu lalu.

Baca juga: Dikecam Netizen karena Foto Bareng Selebgram Seksi, Ustaz Malaysia Akhirnya Minta Maaf

Ribuan orang di India dinyatakan positif Covid-19 setelah Kumbh Mela. Pihak berwenang melaporkan angka infeksi ini setelah melakukan tes terhadap 50 ribu peserta Kumbh Mela di kawasan Haridwar, Uttarakhand.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved