Breaking News:

BATAM TERKINI

Bakal Ditugaskan Kaji Warisan Budaya, Disbudpar Batam Siapkan Tim Ahli Cagar Budaya

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam mempersiapkan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Batam.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi
Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata memimpin langsung rapat bersama calon TACB Kota Batam. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam mempersiapkan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Batam.

Calon TACB Kota Batam akan mengikuti kegiatan Sertifikasi Ahli Cagar Budaya Kota Batam

Skema Ahli Cagar Budaya Pratama yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi P2 Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 

Kegiatan tersebut akan berlangsung di Soll Marina Hotel Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Mulai tanggal 27 hingga 30 April 2021.

Setelah menyandang sebagai TACB Kota Batam, tim ini akan bertugas mengkaji warisan budaya yang berpotensi menjadi cagar budaya. 

Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata memimpin langsung rapat bersama calon TACB Kota Batam.

Ardi mengatakan tujuh orang yang terpilih yakni Seketaris Disbudpar Kota Batam, Koestrinie, Kabid Kebudayaan Disbudpar Kota Batam, Muhammad Zen, Juru Pelestarian Budaya, Raja Zulkarnain, Kasi Sejarah, Cagar Budaya, dan Permuseuman Disbudpar Kota Batam, Hendri Sudian, Diversifikasi Usaha Penangkapan Dinas Perikanan Kota Batam, Hamdayani, Pengawas Bandar Udara Hang Nadim, Anasrudin, dan Direktur Eksekutif Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Batam, Edi Sutrisno.

Baca juga: RAMADHAN 2021 - Kangen Makan Lemang? Mampir Saja ke Stand Batam Wonderfood Ramadhan

"Tim yang dipilih punya keahlian mulai dari literasi, sejarawan, budayawan, pemuda yang cinta budaya, budaya Melayu," katanya beberapa waktu lalu. 

Menurut Ardi TACB sangat penting untuk merekomendasikan kajian warisan budaya  yang bisa naik menjadi status cagar budaya.

"Kita sangat perlu TACB karena Batam memiliki sejarah, kita juga sudah punya museum bernama Museum Batam Raja Ali Haji dan taman budaya," ujarnya.

Ardi berharap TACB Kota Batam tetap solid dan menjalin hubungan dengan Badan Pelestrian Nilai Budaya (BPNB) Batusangkar.

"Saya sebagai kadis berharap besar kalau tidak kita siapa lagi untuk membangkitkan Batam," kata Ardi. (TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi)

*Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita Tentang Batam

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved