Breaking News:

KESEHATAN

Ini 11 Alasan Mengapa Menstruasi Berlangsung Lebih Lama, Waspadai Kanker Serviks

Tentu akan terasa mengkhawatirkan bila siklus menstruasi yang semula teratur, tiba-tiba menjadi tidak teratur. Apalagi, jika menstruasi berlangsung ..

Kompas.com
Ilustrasi menstruasi 

TRIBUNBATAM.id - Tentu akan terasa mengkhawatirkan bila siklus menstruasi yang semula teratur, tiba-tiba menjadi tidak teratur. 

Apalagi, jika menstruasi berlangsung lebih lama atau lebih lambat dari biasanya. Namun, perlu diingat, bahwa siklus menstruasi setiap orang berbeda-beda. 

Tidak ada dua siklus menstruasi yang persis sama. Beberapa siklus bisa berlangsung satu hari sementara yang lain bisa berlangsung seminggu atau bahkan lebih, dan waktu di antara menstruasi juga bisa berbeda-beda. 

Jadi, selama satu periode, rahim melepaskan lapisannya, menyebabkan darah dan jaringan keluar melalui vagina. 

Jumlah darah dan jaringan dapat bervariasi dari hari ke hari, umumnya menstruasi berhenti sekitar 2–7 hari setelah dimulai, tetapi terkadang bisa lebih lama dari biasanya. 

Dilansir Medicalnewstoday, Senin (19/8/2019) terdapat beberapa alasan mengapa menstruasi tak kunjung berhenti, seperti penggunaan alat kontrasepsi dan adanya masalah kesehatan yang mendasarinya di antaranya:

1. Ovulasi

Beberapa orang mengalami pendarahan saat ovulasi, yaitu saat ovarium melepaskan sel telur.

Dalam kebanyakan kasus, ovulasi hanya akan menghasilkan bercak kecil dan tidak menjadi perhatian utama.

Ketika itu terjadi menjelang akhir periode, bercak dari ovulasi dapat membuatnya tampak seolah-olah menstruasi berlangsung lebih lama dari biasanya.  

Halaman
1234
Editor: Lia Sisvita Dinatri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved