Breaking News:

Ini Daftar Aset Keluarga Soeharto yang Disita Negara, Gurita Bisnis Bambang Trihatmodjo Ikut Disita

Alasan penyitaan aset yang dikuasai Keluarga Cendana dilakukan agar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) bisa masuk ke kas negara.

Editor: Anne Maria
Kolase Kompas TV/pixabay.com
Ini Daftar Aset Keluarga Soeharto yang Disita Negara, Gurita Bisnis Bambang Trihatmodjo Ikut Disita. FOTO:Bambang Trihatmodjo bersama Mayangsari dan foto kanan ilustrasi uang dollar AS 

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Berikut ini daftar aset keluarga Soeharto yang mulai diambil alih negara.

Ternyata gurita bisnis Bambang Trihatmodjo pun ikut disita.

Apa saja aset milik suami Mayangsari yang ikut disita?

Diketahui sebelum mulai diambil pemerintah, daftar aset -aset ini dikuasai Keluarga Cendana atau keluarga mantan Presiden Soeharto.

Daftar aset yang disita negara mulai dari Taman Mini Indonsia Indah ( TMII), hingga ratusan rekening keluarga tersebut.

Alasan penyitaan aset yang dikuasai Keluarga Cendana dilakukan agar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) bisa masuk ke kas negara.

Soeharto, Ibu Tien dan Mbak Tutut
Soeharto, Ibu Tien dan Mbak Tutut (istimewa)
  • TMII

Pengelolaan TMII resmi diambil alih negara setelah Presiden Joko Widodo menandatangani Peraruran Presiden (PP) Nomor 19 Tahun 2021, pemerintah resmi mengambil alih Taman Mini Indonesia Indah ( TMII).

Sebelum diambil negara, pengelolaan aset seluas hampir 150 hektare tersebut dikelola oleh Yayasan Harapan Kita selama 44 tahun.

Sebelum diputuskan pengambilalihan, telah dilakukan audit keuangan dari tim legal Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), hingga Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Hasil audit BPK menyatakan bahwa perlu dilakukan pengelolaan yang lebih baik terhadap TMII.

Berdasarkan evaluasi dari Kemensetneg dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada 2018, lahan TMII ditaksir memiliki nilai sebesar Rp 20,5 triliun. Artikel tayang di Kompas.com berjudul:Aset TMII Capai Rp 20,5 Triliun, Kemenkeu: Baru Tanahnya Saja

Plang pemberitahuan pengambilalihan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) oleh negara telah berdiri di depan pintu gerbang utama.
Plang pemberitahuan pengambilalihan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) oleh negara telah berdiri di depan pintu gerbang utama.(KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD)
  • Gedung dan Vila 

Penyitaan Gedung Granadi dan villa di Megamendung bermula ketika pemerintah menyita aset Yayasan Supersemar tahun 2018.

Penyitaan tersebut bermula ketika pemerintah menggugat Soeharto dan Yayasan Supersemar atas dugaan penyelewengan dana beasiswa Yayasan Supersemar.

Dana tersebut seharusnya diberikan kepada para pelajar.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved