Breaking News:

KARIMUN TERKINI

Vaksinasi Corona di Karimun Berlanjut, Tersedia 280 Vial Vaksin Sinovac, Ini Sasarannya

Kadinkes Karimun Rachmadi menyebut, 280 vial vaksin Sinovac itu ditujukan untuk lansia, guru dan penjabat publik yang belum divaksin

Penulis: Yeni Hartati | Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Yeni Hartati
Vaksinasi Corona di Karimun Berlanjut, Tersedia 280 Vial Vaksin Sinovac, Ini Sasarannya. Foto Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Program vaksinasi corona di Karimun berlanjut.

Rencananya ada 280 vial vaksin jenis Sinovac yang akan disuntikkan kepada penerima vaksin. 

Dalam hal ini, vaksinasi dikhususkan untuk masyarakat lanjut usia (lansia) dengan rentan usia 60 tahun ke atas.

Diketahui, vaksin Sinovac merupakan vaksin buatan China dan kadar penularan atau efek yang dihasilkan relatif kecil, sehingga aman digunakan untuk lansia.

Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Rachmadi memastikan pelaksanaan vaksinasi untuk lansia akan dilakukan saat bulan Ramadhan ini.

Baca juga: Capaian Vaksinasi Corona di Kepri Lampaui Nasional, Dinkes Gesa Target Vaksinasi

Baca juga: Vaksinasi Corona di Kepri, Pemprov Sebut 114.813 Warga Sudah Divaksin

"280 vial vaksin jenis Sinovac ditujukan untuk usila atau usia lanjut di atas 60 tahun, kemudian guru dan penjabat publik yang belum dilakukan penyuntikan," ucap Rachmadi, Selasa (4/5/2021).

Vaksin Sinovac ini rencananya akan disuntikkan pertama pada lusa mendatang.

"Hari ini, kami akan melakukan rapat terlebih dahulu, mengenai kapan perencanaan penyuntikan, bisa besok atau lusa mendatang," tambahnya.

Terkait vaksinasi yang dapat membatalkan puasa, Rachmadi menjelaskan, berdasarkan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 19 tahun 2021 bahwa penyuntikan vaksin tidak membatalkan puasa.

"Vaksinasi tetap akan dilaksanakan pada siang hari meski tengah menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Tidak harus menunggu sore atau setelah berbuka puasa," jelasnya.

Ia juga meminta kepada masyarakat lansia untuk memahami bahwa vaksin Sinovac ini sangat aman.

"Tidak usah khawatir, pastinya sebelum dilakukan penyuntikan vaksin akan dilakukan screening sehingga tidak perlu takut," imbaunya.

Sementara itu, untuk melakukan penyuntikan vaksin jenis Sinovac ini juga cukup mudah. Penerima vaksin akan diberikan informasi atau notifikasi melalui pesan singkat atau sms atau whatsapp.

"Cukup datang ke pukesmas terdekat dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK), serta nomor hp yang aktif, tidak harus android," pungkasnya.

(Tribunbatam.id/Yenihartati)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Karimun

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved