Breaking News:

SKINCARE

Perlukah Tabir Surya, Walau Sudah Memakai Foundation dengan SPF?

Tabir surya adalah produk perawatan kulit yang harus dipakai setiap hari untuk melindungi kulit dari paparan buruk sinar matahari. Meski begitu, ...

Freepik.com
Ilustrasi 

TRIBUNBATANM.id - Tabir surya adalah produk perawatan kulit yang harus dipakai setiap hari untuk melindungi kulit dari paparan buruk sinar matahari. 

Meski begitu, saat ini cukup banyak brand yang meneluarkan produk kosmetik dengan kandungan sun protection factor (SPF), seperti bedak, cushion, atau pun foundation. Lantas, apakah kita masih perlu menambahkan tabir surya terpisah? 

Hana Hong, beauty editor di Real Simple mencoba menjelaskan hal tersebut. 

"Produk kecantikan serbaguna apa pun adalah nilai lebih. Namun SPF di dalam foundation hanya baik secara teori, praktiknya berbeda," jelas dia. 

Joshua Zeichner, MD, dokter kulit di New York, Amerika juga menyetujui pendapat Hong. 

"Dalam melindungi diri dari sinar matahari, Anda memerlukan sekitar 29 ml gelas penuh SPF 30 untuk melindungi Anda dari ujung kepala hingga ujung kaki," katanya. 

Itu artinya, kita perlu mengoleskan sedikitnya seperempat atau 1-1,5 sendok teh alas bedak ke wajah, dengan asumsi bahwa foundation tersebut mengandung SPF 30. Faktanya, kebanyakan foundation tidak memiliki kandungan SPF 30. 

"Anda juga harus mengingat tingkat SPF dalam alas bedak tidak sesuai dengan yang diklaim. Campuran SPF 30 pada alas bedak tidak seefektif tabir surya dengan SPF 30 murni," sebut Hong. 

Alhasil, kita harus mengoleskan alas bedak dengan kandungan SPF sebanyak mungkin guna melindungi kulit dari sinar UV. 

"Makeup atau tabir surya, faktanya adalah orang tidak menerapkan SPF sesuai kebutuhan mereka," kata Hadley King, MD, dokter kulit di New York. 

Halaman
123
Editor: Lia Sisvita Dinatri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved