Breaking News:

NATUNA TERKINI

Cara Membuat Akta Kelahiran di Disdukcapil Natuna, Siapkan Dokumen Ini!

Kepala Disdukcapil Natuna, Ilham Kauli menjelaskan persyaratan dan dokumen yang harus disiapkan pemohon untuk membuat akta kelahiran

tribunbatam.id/Muhammad Ilham
Cara Membuat Akta Kelahiran di Disdukcapil Natuna, Siapkan Dokumen Ini! Foto Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Natuna, Ilham Kauli 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Akta kelahiran adalah suatu dokumen identitas autentik mengenai status seseorang dan bukti kewarganegaraan yang bersangkutan.

Akta kelahiran menjadi sangat penting bagi seseorang, karena akan selalu dibutuhkan serta digunakan dalam mengurus berbagai urusan administrasi.

Tribunbatam.id menghimpun informasi terkait tata cara pengurusan atau pembuatan surat akta kelahiran.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Natuna, Ilham Kauli menjelaskan hal-hal yang perlu diketahui tentang akta kelahiran.

Berikut poinnya:

Baca juga: Pasangan Suami Istri di Natuna Positif Corona, Baru Datang Dari Batam

Baca juga: Kini Akta Kelahiran, KK dan Akta Kematian Bisa Anda Cetak Sendiri di Rumah, Begini Caranya

- Setiap kelahiran wajib dilaporkan oleh penduduk kepada Instansi Pelaksana setempat paling lambat 60 hari sejak kelahiran.

- Setiap kelahiran wajib dilaporkan oleh penduduk di Instansi Pelaksana tempat penduduk berdomisili

- Pelaporan kelahiran sebagaimana dimaksud tersebut di atas yang melampaui batas waktu 60 (enam puluh) hari sejak tanggal kelahiran, pencatatan dan penerbitan akta kelahiran dilaksanankan setelah mendapat keputusan Kepala Instansi Pelaksana setempat dan

- Proses penerbitan kutipan akta kelahiran pada Instansi Pelaksana (Disdukcapil) paling lambat 14 (empat belas) hari.

Ilham juga memaparkan persyaratan dan dokumen yang harus disiapkan untuk mengurus akta kelahiran, khususnya di Disdukcapil Natuna.

"Jadi untuk pengurusan akta kelahiran, ada beberapa syarat yang perlu dilengkapi masyarakat, yaitu surat keterangan kelahiran dari penolong kelahiran, Surat keterangan kelahiran dari lurah atau desa dengan fotocopy KTP 2 orang saksi.

Surat kenal lahir yang dimiliki, Fotocopy KTP dan KK orangtua, Fotocopy kutipan akta nikah atau akta perkawinan orang tua dan Fotocopy ijazah terakhir termohon," jelas Ilham kepada Tribunbatam.id, di ruang kerjanya, Kantor Disdukcapil Natuna, Jalan Datuk Kaya Wan Mohd Benteng, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepri, Kamis (6/5/2021).

(Tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Natuna

Penulis: Muhammad ilham
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved