Breaking News:

BATAM TERKINI

INI Syarat Pasien Covid-19 di Batam Diperbolehkan Isolasi Mandiri di Rumah

Kadinkes Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan, saat ini pasien positif Covid-19 bisa isolasi mandiri di rumah dan tak perlu di rumah sakit.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi
Kadinkes Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan, saat ini pasien positif Covid-19 bisa isolasi mandiri di rumah dan tak perlu di rumah sakit. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan, saat ini pasien positif Covid-19 bisa isolasi mandiri di rumah dan tak perlu di rumah sakit. 

"Kalau aturan kita, gejala yang ringan memang kita kirim ke Rumah Sakit. Tapi kalau di rumah ada syaratnya," ujar Didi, Jumat (7/5/2021).

Salah satu syaratnya, di rumah harus memiliki kamar yang ada kamar mandi dalam.

Namun kalau tak ada, maka tidak diperbolehkan oleh Tim Gugus Tugas.

"Dasarnya itu, dengan catatan rumahnya itu harus miliki syarat. Kamar mandi di dalam kamar. Kalau ada itu kita kasih. Tapi kalau nggak ada seperti kemarin ada keluarga yang kamar mandi di luar itu nggak diperkenankan walau ringan. Kita kirim akhirnya ke Galang," katanya.

Namun sejauh ini angka hunian di rumah sakit nomor dua terbanyak di Indonesia setelah Kalimantan Selatan.

Mulai meningkatnya tren ini, diakui Didi, sejak pihaknya melakukan presentasi di hadapan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) RI, Letjen Doni Monardo saat kunjungan kerja, Senin (19/4/2021) lalu.

Baca juga: BEGINI Kondisi Terkini Pelabuhan Ro-Ro di Telaga Punggur dan Ro-Ro Tanjunguban

Dalam presentasi tersebut, Batam kemudian mendapat catatan khusus mengenai banyaknya kamar isolasi di rumah sakit, yang digunakan bagi pasien dengan kategori ringan dan sedang.

"Ternyata penggunaan fasilitas ICU bagi pasien Covid di dua kategori yang dimaksud. Untuk saat ini tidak begitu disarankan, karena ICU bisa digunakan bagi pasien kategori berat," paparnya.

Mengenai klaim pembiayaan, Didi menuturkan saat ini hanya bisa dilakukan untuk kasus Covid-19, terutama yang menengah ke atas, dari tingkat gangguan kesehatannya.

"Kalau pasien tanpa gejala, sesuai aturan baru, tidak masuk dalam penanggulangan pembiayaan negara," ujarnya.

Berdasarkan data harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, warga yang terpapar Covid-19 pada Kamis (6/5/2021) ada 51 orang yang terpapar Covid-19. Sebanyak 32 orang yang melalukan isolasi mandiri sisanya dirawat di rumah sakit.

"Sejauh ini total yang isolasi mandiri sebanyak 241 orang. Data ini sampai 6 Mei," kata Didi. (TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi)

*Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Batam

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved