Breaking News:

Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Bahan Alami, Diantaranya Makan Banyak Buah dan Sayur

Karang gigi bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti bau mulut, gigi berlubang, dan penyakit gusi. Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan ...

Editor: Lia Sisvita Dinatri
intisarionline
Ilustrasi 

TRIBUNBATAM.id - Saat orang makan, bakteri akan memecah kandungan karbohidrat dari sisa makanan dengan air liur untuk membentuk plak. 

Menyikat gigi secara rutin serta menggunakan benang gigi atau sikat interdental akan mencegah plak mengeras menjadi karang gigi

Karang gigi bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti bau mulut, gigi berlubang, dan penyakit gusi.

Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan adanya kaitan penyakit gusi dengan pneumonia, demensia, dan penyakit jantung.  

Karang gigi sejatinya hanya bisa dibersihkan dengan tindakan scaling di dokter gigi. 

Namun, dilansir dari Medical News Today, (31/1/2019), ada beberapa cara menghilangkan karang gigi secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah. 

Sikat gigi dengan baking soda

Menyikat gigi dengan tambahan baking soda atau soda kue adalah salah satu cara aman untuk menghilangkan plak. Soda kue mampu menghilangkan plak tanpa merusak enamel gigi. 

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Science Direct tahun 2017, pasta gigi yang mengandung soda kue lebih efektif untuk menghilangkan plak dibandingkan pasta gigi tanpa soda kue. 

Selain itu, soda kue juga melindungi gigi dari demineralisasi, yaitu proses kimia yang melepaskan partikel kalsium dari enamel gigi. 

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved