Breaking News:

IDUL FITRI 2021

Libur Lebaran, Tempat Wisata di Batam Dibuka, Satgas Covid-19 Tetap Awasi Prokes

Selama libur lebaran, tempat-tempat wisata di Batam tetap dibuka untuk umum, namun Tim Satgas Covid-19 tetap mengawasi penerapan protokol kesehatan.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Thom Limahekin
ISTIMEWA
TEMPAT WISATA - Tempat wisata Montigo Resort di Kawasan Nongsa, Batam. Saat malam tahun baru 2021 mendatang, resort ini tak akan menggelar pesta kembang api. 

Edito: Thomm Limahekin

BATAM, TRIBUNBATAM.id-Mudik lebaran memang dilarang oleh pemerintah. Sebab, Idulfitri 1442 Hijriah masih dirayakan dalam kondisi terpaan pandemi Covid-19.

Namun demikian, selama libur Idul Fitri, masyarakat masih bisa mencari kesenangan di tempat-tempat. Karena, pemerintah tidak mengambil kebijakan untuk menutup tempat-tempat.

Di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau misalnya, seluruh tempat wisata tetap dibuka untuk masyarakat umum, asalkan semuanya tetap menjaga protokol kesehatan.

"Tidak, tidak, semuanya tetap dibuka," ujar Wali Kota Batam, Muhammad Rudi usai menunaikan Salat Idulfitri 1442 Hijriah di Dataran Engku Puteri Batam Center, Kamis (13/5/2021) pagi.

Baca juga: Kecamatan Sagulung Batam Zona Merah Covid-19, Camat: Takbiran di Masjid

APRI SUJADI - Bupati Bintan, Apri Sujadi memilih untuk menunaikan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah bersama keluarga di rumah Wacopek, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (13/5/2021) pagi.
APRI SUJADI - Bupati Bintan, Apri Sujadi memilih untuk menunaikan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah bersama keluarga di rumah Wacopek, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (13/5/2021) pagi. (TRIBUNBATAM.id/Alfandi Simamora)

Menurut Rudi, pada hari pertama Idulfitri ini masyarakat Kota Batam tidak akan berlibur ke pantai.

Mereka pasti hanya menghabiskan waktu hari raya di rumah saja bersama keluarga dekat.

Selama liburan lebaran, Pemerintah Kota (Pemko) Batam menugaskan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 untuk tetap berjaga di tempat wisata di Kota Batam. Misalnya, pantai, taman, kolam dan lain sebagainya.

Hal tersebut dilakukan untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19 yang mulai meningkat belakanga ini.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengakui saat ini Satpol PP menaruh perhatian untuk mengontrol tempat-tempat keramaian sehingga tidak ada klaster dari tempat keramaian itu.

"Kami sudah membahas soal itu. Saya minta Pak Salim (Kasatpol PP) membagi timnya untuk mengawasi tempat-tempat keramaian bersama dengan Tim Gugus Tugas Covid-19," ujar Amsakar.

Di tempat wisata di Kawasan Nongsa, Barelang, Sekupang dan wilayah lainnya, akan dijaga oleh tim yang bekerja mengawasi penerapan protokol kesehatan.

Amsakar kemudian mengimbau masyarakat Kota Batam untuk tetap merayakan hari raya Idulfitri dengan tetap mengurangi dampak penyebaran Covid-19. 

Baca juga: Salat Id Singkat di Dataran Engku Putri Batam Center: 7 Kali Takbir, Khotbah 20 Menit

SALAT ID - Ratusan warga Kota Tanjungpinang memadati Lapangan Pamedan, Jalan Ahmad Yani untuk menunaikan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah, Kamis (13/5/2021) pagi.
SALAT ID - Ratusan warga Kota Tanjungpinang memadati Lapangan Pamedan, Jalan Ahmad Yani untuk menunaikan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah, Kamis (13/5/2021) pagi. (TRIBUNBATAM.id/Noven Halomoan Simanjuntak)

"Jangan ada euforia. Kegiatan diselenggarakan secukupnya dengan keluarga saja," kata Amsakar.

Dia menambahkan, pandemi Covid-19 ini belum berkahir.

Karena itu, dia berharap agar masyarakat dan seluruh stakeholder bersama-sama memerangi Covid-19 ini agar perekonomian kembali pulih.  ( TRIBUNBATAM.id/Roma Ully Sianturi)

Berita terkait Covid-19

Berita terkait  Batam

Berita terkait tempat wisata

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved