Breaking News:

LINGGA TERKINI

CATAT! Bagi yang Ingin ke Lingga Wajib Lampirkan Hasil Rapid Test Antigen

Berdasarkan hasil kesepakatan bersama memutuskan untuk pelaku perjalanan ke Lingga, semua penumpang diwajibkan melakukan rapid test antigen.

Penulis: Febriyuanda | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.id/Febriyuanda
Untuk mencegah peningkatan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lingga yang telah mencapai 232 kasus dengan 143 kasus aktif, Pemerintah Kabupaten Lingga menggelar rapat bersama Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19. 

LINGGA, TRIBUNBATAM.id - Untuk mencegah peningkatan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lingga yang telah mencapai 232 kasus dengan 143 kasus aktif, Pemerintah Kabupaten Lingga menggelar rapat bersama Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Lingga, Kapolres, Danlanal, dan perwakilan Kejari, serta diikuti para Kepala Dinas se-kabupaten Lingga di Gedung Daerah Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Senin (17/5/2021).

Salah satu pembahasan dalam rapat tersebut, yakni penjagaan ketat protokol kesehatan di pintu masuk pelabuhan atau bandara se-Kabupaten Lingga.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Lingga, Selamat mengatakan, bahwa dari hasil kesepakatan bersama memutuskan untuk pelaku perjalanan ke Lingga, semua penumpang diwajibkan melakukan rapid test antigen.

Hal itu berlaku untuk pengguna kapal Ferry ataupun pengguna jasa Kapal Roll on Roll off (RoRo).

"Namun, untuk permasalahan keberangkatan keluar dari wilayah kabupaten Lingga tidak diwajibkan menggunakan surat rapid test ataupun surat keterangan antigen," kata Selamat kepada TRIBUNBATAM.id, saat ditemui seusai kegiatan.

Baca juga: Kasus Covid Melonjak, Bupati Lingga Muhammad Nizar Minta Tempat Wisata Ditutup

Selamat menjelaskan, bahwa pihak juga menyampaikan kepada setiap operator yang melayani keberangkatan penumpang baik itu dari Tanjungpinang, Batam, Karimun, untuk setiap penumpangnya wajib menunjukkan surat antigen.

Jika hal tersebut bisa terpenuhi, maka pembelian tiket baru bisa dilayani.

"Pada intinya untuk keberangkatan dari Lingga masih ada keringanan tanpa menggunakan surat rapid test, sedangkan untuk masuk ke Lingga ini wajib menggunakan surat rapid test/antigen.

Dan bagi setiap operator yang melalaikan ketentuan tersebut maka akan dilakukan tindakan tegas oleh pihak hukum yang tergabung di dalam satuan tim gugus penanganan covid-19 Kabupaten Lingga," tegasnya.

Selamat menambahkan, bagi penumpang tidak diperlukan lagi pembatasan tempat duduk saat berada di kapal.

"Dikarenakan setiap penumpang dilengkapi dengan surat keterangan antigen dengan hasil negatif, maka pembatasan tempat duduk tidak diperlukan lagi," ucap Kadishub Lingga ini.

Dari hasil pantauan TRIBUNBATAM.id, rapat yang dimulai sekira pukul 14.30 WIB itu banyak memaparkan usulan-usulan terkait pencegahan kelonjakan kasus aktif Covid-19 di Lingga, sejak pertengahan April dan meningkat pesat pada Mei. (TRIBUNBATAM.id/Febriyuanda)

Baca juga berita Tribun Batam lainnya di Google

Berita tentang Lingga

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved