Breaking News:

BERITA TEKNOLOGI

Pasca Keluarkan Kebijakan Baru WhatsApp Merosot, Pengguna Signal & Telegram Naik

firma riset aplikasi Sensor Tower, dalam empat bulan pertama di tahun 2021, angka instalasi aplikasi Telegram naik 98 persen secara YoY

Kompas.com
Pasca Keluarkan Kebijakan Baru WhatsApp Merosot, Pengguna Signal & Telegram Naik 

TRIBUNBATAM.id - Merosot, sejak WhatsApp mengumumkan kebijakan barunya awal tahun 2021 lalu, dua aplikasi pesan instan pesaingnya, Signal dan Telegram, kebanjiran pengguna baru.

Berdasarkan laporan dari firma riset aplikasi Sensor Tower, dalam empat bulan pertama di tahun 2021, angka instalasi aplikasi Telegram naik 98 persen secara year-over-year (YoY), mencapai angka 161 juta.

Sementara Signal, jumlah pemasangannnya bahkan melesat sangat tajam, yakni naik hingga 1.192 persen dari tahun ke tahun untuk pertama kalinya dengan angka 64,6 juta.

Di sisi lain, pertumbuhan pemasangan aplikasi WhatsApp menurun 43 persen secara YoY dari Januari ke April 2021.

Kendati demikian, secara total angka pemasangan, WhatsApp tetap unggul dibanding dua kompetitornya dengan angka 172,3 juta dalam periode yang sama.

Baca juga: Berita Teknologi: Mau Chat WhatsApp akan Otomatis Hilang Setelah 7 Hari? Ini Fitur Terbaru WA

Meskipun sukses di awal tahun, jumlah unduhan Telegram dan Signal tercatat mengalami penurunan dari bulan ke bulan.

Menurut Sensor Tower, pada bulan Januari angka unduhan Telegram mencapai 63,5 juta, naik 283 persen secara YoY dari angka 16,6 juta.

Pada bulan April, jumlah unduhan menurun 3 persen secara YoY ke angka 26,2 juta, lebih rendah dibanding kenaikan awal tahun yang tembus hampir 27 juta. Nasib agak berbeda dialami Signal.

Pada bulan Januari 2021, angka unduhan Signal tumbuh 5.001 persen dari tahun ke tahun ke angka 50,6 juta dari angka semula 992.000 unduhan pada bulan Januari 2020.

Pada bulan Februari, unduhan turun 86 persen ke angka 7 jutaan unduhan secara month over month (dari bulan ke bulan).

Halaman
123
Editor: Filemon Halawa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved