Breaking News:

PPDB 2021 Dibuka Awal Juli, Pemkab Natuna Tekankan Wajib Belajar 12 Tahun

Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB jenjang TK, SD dan SMP dibuka serentak di Kabupaten Natuna pada 1 sampai 4 Juli 2021.

TribunBatam.id/Muhammad Ilham
Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Tasrif Amran. 

NATUNA, TRIBUNBATAM.id - Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB jenjang TK, SD dan SMP dibuka serentak di Kabupaten Natuna pada 1 sampai 4 Juli 2021.  

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, Muhammad Faisal.

Ia menyatakan jadwal pendaftaran itu mengacu pada kalender pendidikan.

Faisal menjelaskan dalam pelaksanaan PPDB di Natuna akan dilakukan secara objektif, transparan dan akuntabel.

Syarat calon peserta didik baru untuk jenjang TK, paling rendah 4 tahun dan paling tinggi 5 tahun untuk kelompok A dan paling rendah 5 tahun dan paling tinggi 6 tahun untuk kelompok B.

Calon peserta didik baru untuk kelas 1 SD harus berusia 7 tahun atau paling rendah usia anak genap 6 tahun pada 1 Juli tahun pelajaran.

"Sedangkan calon peserta didik kelas 7 (SMP kelas 1) harus menyelesaikan pendidikan kelas 6 SD dan berusia 15 tahun paling tinggi pada tanggal 1 Juli tahun belajaran," jelas Faisal.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, Muhammad Faisal
Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, Muhammad Faisal (tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

Menurut Faisal, pendaftaran PPDB di Kabupaten Natuna akan dilakukan dengan jalur Zonasi, Afirmasi, Perpindahan Tugas Orangtua atau Wali dan Prestasi.

"Untuk jalur zonasi  SD paling sedikit 70 persen dari daya tampung sekolah. Sedangkan jalur zonasi SMP paling sedikit 50 persen dari daya tampung sekolah," kata Faisal.

Disamping itu, lanjut Faisal jalur Afirmasi paling sedikit 15 persen dari saya tampung sekolah, jalur Perpindahan Tugas Orangtua atau Wali paling sedikit 5 persen dari daya tampung sekolah dan jalur prestasi tidak berlaku untuk PPDB jenjang TK dan SD kelas 1 hanya berlaku untuk jenjang SD kelas 1 ke atas dan SMP.

Ia juga menghimbau kepada orangtua, untuk melanjutkan pendidikan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi.

Sementara itu, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Natuna, Tasrif Amran mengatakan bahwa, berkaitan dengan penerimaan peserta didik baru Tasrif mengingatkan kembali tentang anak wajib belajar 12 tahun yang merupakan program Pemerintah Pusat.

Untuk itu, Tasrif meminta kepada orangtua siswa untuk memprioritaskan pendidikan anaknya.

"Apalagi saat ini SPP di jenjang TK atau Paud, SD, dan SMP tidak ada alias gratis, jadi saya harap pendidikan seorang anak paling tidak harus sampai 12 tahun ataupun lulus SLTA," imbuhnya.(Tribunbatam.id/Muhammad Ilham)

Penulis: Muhammad ilham
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved