Breaking News:

Warga Hinterland Karimun Lebih Mudah Urus SIM, Polres Luncurkan Program Simantap

Satlantas Polres Karimun meluncurkan program SIM Antar Pulau (Simantap) untuk memudahkan warga hinterland mengurus SIM

Penulis: Yeni Hartati
Editor: Dewi Haryati
tribunbatam.id/Yeni Hartati
Warga Hinterland Karimun Lebih Mudah Urus SIM, Polres Luncurkan Program Simantap. Foto warga hinterland Karimun sedang ujian praktik untuk mendapatkan SIM, Selasa (25/5/2021) 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Karimun meluncurkan program SIM (Surat Izin Mengemudi) Antar Pulau (Simantap) yang dikhususkan untuk masyarakat hinterland, pada Selasa (25/5/2021).

Upaya ini untuk mewujudkan pelayanan prima kepolisian kepada masyarakat Kabupaten Karimun. Selain itu agar masyarakat bisa tertib berlalu lintas.

Sebelumnya, untuk masyarakat hinterland yang berada di pulau seperti Kecamatan Ungar, Buru, Durai, Moro dan Kundur mengalami kendala untuk mengurus SIM. Mereka harus menyeberang laut menggunakan pompong ke Karimun untuk membuat SIM.

Kapolres Karimun, Muhammad Adenan menjelaskan, dengan adanya program Simantap ini lebih memudahkan masyarakat hinterland dalam mengurus SIM.

SIM yang merupakan bukti registrasi dan identifikasi diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan.

Baca juga: Polres Karimun Klaim Urus SIM Makin Mudah, Cukup Urus Lewat Aplikasi via Online

Baca juga: BEGINI Cara Mengurus Perpanjangan SIM Online Lewat Handphone di Batam

Untuk syarat membuat SIM, pemohon harus Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah berusia 17 tahun.

Selain itu, pengemudi juga harus dipastikan sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor.

"Jadi teknisnya program Simantap ini kami datang ke pulau di luar Pulau Karimun menggunakan kapal Satpolair Polres Karimun," ucap Adenan.

Sebelum SIM diterbitkan, pemohon melakukan ujian teori dan praktik pada lokasi yang telah ditentukan oleh masing-masing Kapolsek di wilayah tempat tinggalnya.

Nantinya setelah dinyatakan lulus ujian teori dan praktik, baru masyarakat dapat melakukan pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) SIM, serta foto pengambilan SIM di Satpas Polres Karimun.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved